Kamis, 9 Mei 2024

Putin Nyatakan Rusia Siap Bekerja Sama Dengan Negara Mana Pun

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Vladimir Putin saat berbicara dalam sesi pleno Forum Ekonomi Timur (EEF) ketujuh, Rabu (8/9/2022). Foto: Xinhua

Vladimir Putin Presiden Rusia pada Rabu (8/9/2022) kemarin, menyatakan bahwa negaranya siap bekerja sama dengan negara mana pun, terutama dalam konteks meningkatnya permintaan energi global.

Hal tersebut disampaikan Putin, dalam sesi pleno Forum Ekonomi Timur (EEF) ketujuh. Dia mengatakan jika negara-negara maju di Eropa selama ini telah memperoleh gas alam dan sumber energi dari Rusia, sehingga memiliki keunggulan kompetitif yang jelas.

“Jika mereka yakin bahwa mereka tidak membutuhkan keuntungan semacam itu, hal ini tidak masalah bagi kami karena permintaan akan sumber daya energi di dunia sangat besar,” ujar Putin dilansir Antara dari Xinhua.

Untuk itulah, Putin menegaskan kembali bahwa Rusia siap bekerja sama dengan negara mana pun yang bersedia, sembari lebih lanjut menekankan bahwa banyak negara tertarik untuk bekerja sama dengan negara Beruang Merah itu.

Untuk diketahui, EEF ketujuh tersebut, dimulai pada Senin (5/9/2022) dan akan berakhir pada Kamis hari ini, di kota timur jauh Vladivostok, Rusia. Tema utama dari acara tersebut pada tahun ini adalah “Menuju Sebuah Dunia Multipolar” (On the Path to a Multipolar World).”

Sejak diluncurkan pada 2015, EEF telah menjadi ajang penting untuk dialog di antara para politisi, eksekutif bisnis, dan pakar tentang pembangunan Timur Jauh dan kerja sama regional. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs