Sabtu, 20 April 2024

RSDL Bangkalan Mengantisipasi Lonjakan Covid-19 Pascamudik Lebaran

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Rumah Sakit Darurat Lapangan Bangkalan yang melangsungkan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Mayor CKM Sumardi Koordinator Pelayanan Penunjang Umum jelang persiapan Idulfitri di tenda administrasi, Sabtu (23/4/2022). Foto: Humas RSLI

Mayor CKM Sumardi Koordinator Pelayanan Penunjang Umum Rumah Sakit Darurat Lapangan (RSDL) Bangkalan mengatakan pihaknya siap mengantisipasi meningkatnya penderita Covid-19 setelah libur lebaran

“Kami memastikan bahwa operasional rumah sakit tetap berjalan normal didukung oleh seluruh personel relawan baik nakes maupun non-nakes, serta pada kondisi optimal mengantisipasi meningkatnya penderita Covid-19 setelah libur lebaran,” kata Sumardi saat memimpin rapat persiapan dan setelah Idulfitri 1443 H, di Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu (23/4/2022).

Sumardi melanjutkan, para relawan tetap siaga setiap saat dan dalam kondisi apa pun. Siap sewaktu-waktu apabila ada pasien yang kembali masuk ke RSDL Bangkalan.

“Pada saat masa lebaran tiba, akan dilakukan pengaturan jadwal setiap divisi, jam operasional dan jalannya layanan rumah sakit. Sehingga para relawan bisa merayakan Idulfitri secara bergiliran dengan jadwal yang sudah disepakati,” imbuhnya.

Dalam rapat yang dihadiri oleh segenap unsur relawan baik nakes maupun non nakes itu juga merancang jadwal Idulfitri dengan mekanisme sesuai kebutuhan.

Kendati tetap menjalin kerjasama antar tim atau divisi dalam rangka melaksanakan Tupoksi dengan berpedoman SOP yang berlaku.

“Jadi saat Idulfitri 1443 H, RSDL Bangkalan tetap buka, dan siap menerima pasien Covid-19 yang masuk. Semua relawan baik Nakes maupun non-Nakes tetap disiagakan, sehingga layanan rumah sakit tetap berjalan normal dan dijamin berlangsung dengan baik,” terang Sumardi.

Sebagai informasi, sejak diresmikan pada Juli 2021 kemarin. RS Darurat Lapangan Bangkalan telah merawat total 915 pasien.

Dengan rincian 836 orang sembuh, 31 dirujuk, dan 48 orang melanjutkan isoman dirumah dan sembuh, serta angka kematian 0. Untuk saat ini kapasitas tempat tidur berjumlah 336 bed, dan tingkat hunian saat ini 0 (zero pasien).

Pada kesempatan yang sama Radian Jadid Ketua Pelaksana PPKPC-RSDLB menjelaskan, setelah kembali ke zero pasien pada (20/4) operasional RSDLB masih berjalan normal dan bersiaga merawat serta melayani pasien Covid-19 yang masuk.

“Kami tetap berupaya mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pascamudik dan liburan Idulfitri. Masyarakat diharapkan tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan supaya liburan nanti tidak terjadi lonjakan lagi,” tutur Jadid.

Informasi mengenai layanan pasien dapat diakses melalui Call Center RSDLB di 081332434363. Masyarakat bisa mendapatkan informasi RSDLB, termasuk mendaftarakan keluarganya yang positif Covid-19.

Sedangkan untuk informasi dan layanan yang terkait non-medis serta keluhan long-Covid bagai para penyintas, bisa diakses melalui kontak relawan pendamping di 088222303030.(wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs