Kamis, 25 April 2024

Sambut Nataru, Telkomsel Siapkan Infrastruktur Konektivitas Digital Berteknologi Terdepan

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Telkomsel menyambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan melakukan optimalisasi jaringan pada 493 titik wilayah prioritas, serta menghadirkan berbagai program spesial akhir tahun. Ini disampaikan pada Press Conference Telkomsel Siaga di Jakarta, Senin (19/12/2022). Foto: Telkomsel

Berkomitmen menghadirkan kenyamanan pengalaman pelanggan dalam menyambut momen Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Telkomsel memastikan kesiapan dukungan infrastruktur konektivitas dan layanan digital terdepan.

Nugroho Direktur Network Telkomsel, Senin (19/12/2022) mengatakan, melalui Program Telkomsel Siaga yang kali ini mengusung tema ‘Satukan Semangat, Bangkit Lebih Kuat’, diharapkan dapat menyatukan semangat masyarakat dalam menyongsong masa depan dengan penuh harapan untuk dapat bangkit lebih kuat, pasca masa pendemi Covid-19 yang penuh tantangan.

Pihaknya secara konsisten telah memastikan kesiapan jaringan broadband dan ketersediaan ragam layanan digital terkini, yang diharapkan dapat menunjang kenyamanan aktivitas telekomunikasi bagi para pelanggan.

Kata Nugroho, selama momen perayaan Nataru, Telkomsel memproyeksikan adanya lonjakan trafik layanan data (payload) sebesar 17,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa, dengan total payload diperkirakan mencapai 52,5 petabyte atau tumbuh 19,1 persen apabila dibandingkan dengan periode Nataru tahun sebelumnya.

Proyeksi pertumbuhan layanan data tersebut diperkirakan akan didorong oleh lonjakan pada sejumlah pemanfaatan akses layanan berbasis digital, mulai dari layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 31,7 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,8 persen, layanan streaming video meningkat sekira 29,4 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,6 persen, akses browsing naik 24,1 persen, dan akses layanan e-commerce tumbuh sekira 35 persen.

Sementara itu trafik pada layanan SMS diperkirakan akan meningkat sebesar 7,9 persen, dan layanan panggilan suara akan turun 3 persen.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi tersebut, kata Nugroho, Telkomsel telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan pada 493 titik wilayah prioritas di seluruh Indonesia, yang berpotensi mengalami pertumbuhan trafik telekomunikasi secara signifikan.

Fokus wilayah prioritas tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan Covid-19, dan 2 tempat ibadah.

Nugroho lebih lanjut menambahkan, Telkomsel juga telah mengintegrasikan hingga 25.000 unit BTS 4G/LTE baru, menyiagakan tambahan 61 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), dan meningkatkan kapasitas internet gateway hingga 9,212 Gbps. Di samping itu, Telkomsel pun melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia dan melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual.

Adiwinahyu Basuki Sigit Direktur Sales Telkomsel menjelaskan, “Momen perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 merupakan momen bahagia penuh kebersamaan dan harapan yang dinanti oleh seluruh keluarga Indonesia. Dengan menyatukan semangat Indonesia untuk bangkit lebih kuat di tahun mendatang, kami berupaya memenuhi ekspektasi dan harapan dengan memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan Telkomsel, yang berfokus pada pemenuhan setiap kebutuhan aktivitas telekomunikasi dan digital pelanggan. Kami harap komitmen Telkomsel untuk selalu mengedepankan prinsip customer centricity dalam menghadirkan kemudahan akses produk dan layanan terkini, yang akan memberikan pengalaman aktivitas berkualitas guna membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi masyarakat dalam melewati semua tantangan di tiap fase kehidupan.”

Untuk memastikan agar pelanggan dapat selalu menikmati pelayanan yang prima, Telkomsel memastikan ketersediaan akses produk dan layanan terdepan di seluruh saluran layanan pelanggan akan tetap terjaga, baik secara online maupun offline. Seluruh saluran customer care Telkomsel mulai dari call center 188 serta layanan online melalui akun resmi media sosial asisten virtual di berbagai instant messaging platform terkemuka dan GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan. Selain itu, Telkomsel juga telah menyiagakan 376 GraPARI dan lebih dari 317.000 mitra outlet di seluruh Indonesia, yang akan melayani kebutuhan produk dan layanan terdepan secara offline (walk-in).

Berbagi Kasih Tanpa Batas melalui Program CSR

Telkomsel juga menggulirkan inisiatif Roadshow Telkomsel Siaga Natal 2022 untuk berbagi kasih tanpa batas bersama yatim piatu dari panti asuhan dan lansia dari panti jompo yang berada di kota Ambon, Solo, Medan, dan Bogor melalui program  Corporate Social Responsibility (CSR).

Untuk melengkapi kebahagiaan mereka, Telkomsel akan mengambil peran menjadi keluarga mereka selama satu hari dan menghadirkan beragam aktivitas bersama, mulai dari permainan dan keriaan khas perayaan Natal, edukasi InternetBAIK (Bertanggungjawab, Aman, Inspiratif, Kreatif), hingga berbagi hadiah dan nonton bareng film Natal.

Pada momen yang sama, di tiap panti asuhan, panti jompo, dan gereja yang menjadi lokasi roadshow, Telkomsel menyerahkan paket bantuan kebutuhan atau renovasi fasilitas umum dan internet rumah serba digital Telkomsel Orbit.

Pada momentum Telkomsel Siaga Natal 2022 tersebut, Telkomsel membagikan 270 paket dana pendidikan bagi pelajar berprestasi, 270 paket alat bantu bagi kalangan disabilitas, 270 paket dana usaha bagi pedagang kecil dan UMKM, 270 paket dana santunan bagi panti asuhan, panti jompo, dan gereja, hingga 2.700 paket sembako bagi masyarakat yang membutuhkan.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs