Jumat, 3 Februari 2023

Sepuluh Desa Wisata di Jatim Raih Penghargaan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Desa Wisata Sendang Kabupaten Tulungagung. Foto: Dinas Kominfo Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengatakan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim menggelar Festival Dewi Cemara 2022 di Trenggalek pada 2-3 November 2022 dan sebanyak sepuluh desa wisata di Jatim memperoleh penghargaan.

“Festival digelar di Trenggalek pada 2-3 November lalu,” tuturnya di Surabaya, Minggu (6/11/2022) dikutip Antara.

Ia menjelaskan bahwa Dewi Cemara yang menjadi nama dalam festival tersebut merupakan akronim dari Desa Wisata Rakyatnya Cerdas Mandiri Sejahtera.

Sepuluh desa wisata yang yang dianugerahi penghargaan di Festival Dewi Cemara Tahun 2022 tersebut adalah Desa Wisata Tirta Agung Kabupaten Bondowoso, Desa Wisata Sendang Kabupaten Tulungagung, Desa Wisata Keling Kabupaten Kediri, Desa Wisata Klatakan Kabupaten Situbondo, dan Desa Wisata Kuningan Kabupaten Blitar

Selanjutnya, Desa Wisata Doudo Kabupaten Gresik, Desa Wisata Durensari Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Ketapanrame Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Sumorobangun Flower Kabupaten Ponorogo dan Desa Wisata Pandanrejo Kota Batu.

Secara khusus, atas prestasi yang dicapai sepuluh desa wisata ini, Gubernur Jawa Timur itu menyampaikan selamat dan juga rasa bangga.

“Ini merupakan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jatim untuk desa wisata yang telah berhasil dikelola dengan baik dan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.(ant/rum/iss)

Berita Terkait