Sabtu, 20 April 2024

Tambah Literasi Geologi Lewat Aplikasi Geodiversitas Indonesia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Foto: LIPI

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) meluncurkan aplikasi Geodiversitas Indonesia untuk mendukung literasi geologi bagi masyarakat, kata Pelaksana tugas Edy Giri Rachman Putra Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) BRIN.

“Aplikasi Geodiversitas Indonesia ini merupakan sebuah platform digital yang disiapkan bagi masyarakat untuk belajar mengenal dan memahami bagaimana alam itu terbentuk sebagai warisan geologi, serta kegiatan dan fasilitas di Kampus Geodiversitas Karangsambung,” kata Edy dalam keterangan tertulis yang dilansir Antara, Minggu (30/1/2022).

Pembuatan aplikasi itu bertujuan untuk menyediakan sumber belajar Geologi Dasar dan menyediakan informasi dan daftar kegiatan Pengembangan Kompetensi SDM Iptek Karangsambung.

Aplikasi tersebut juga dapat menyediakan sumber belajar dan informasi laboratorium alam secara virtual 360 derajat, memfasilitasi tanya jawab topik kebumian dengan peneliti BRIN, memfasilitasi forum diskusi topik kebumian, dan menyediakan daftar reservasi sarana riset.

Aplikasi Geodiversitas Indonesia dilengkapi dengan fitur Geologi Dasar, Tanya Geologist, Virtual Lab Tour, Pengembangan Kompetensi, Komunitas, dan Reservasi, serta masih berbasis Android dan sudah dapat diunduh di Google Play Store.

BRIN melalui Kedeputian SDM Iptek berkomitmen menjadikan Geopark Karangsambung di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, sebagai warisan geologi untuk tempat pendidikan, pelatihan dan riset kebumian yang mendunia.

Pengembangan aplikasi Geodiversitas Indonesia itu sejalan dengan misi Direktorat Pengembangan Kompetensi BRIN dalam menciptakan proses belajar yang lebih mudah, efektif dan bisa dilakukan dari mana saja, dan membantu penyebarluasan informasi geologi ke masyarakat.

“Ini penting untuk meningkatkan literasi geologi dan geodiversitas di Indonesia,” ujarnya.

Aplikasi itu juga akan bermanfaat bagi kepemanduan geowisata di kawasan taman bumi.

Fitur Geologi Dasar menyediakan informasi batuan bagi siswa khususnya jenjang Sekolah Dasar dalam bentuk teks, video dan foto.

Fitur Pengembangan Kompetensi bertujuan memfasilitasi sekolah dan universitas agar dapat melakukan reservasi sebelum pelaksanaan kuliah lapangan, edukasi kebumian, dan ekskursi kebumian di Karangsambung.

Fitur pelatihan dapat dilakukan di Karangsambung maupun di Jakarta yang berafiliasi dengan Direktorat Pengembangan Kompetensi SDM Iptek BRIN.

Fitur Tanya Geologist untuk memfasilitasi pertanyaan terkait geologi dari masyarakat kepada peneliti Geologi BRIN.

Fitur Virtual Lab Tour 360 derajat baru mencakup lima titik singkapan batuan.

Fitur Komunitas sebagai forum diskusi bagi masyarakat dan fitur reservasi dapat membantu masyarakat dalam mengakses layanan di Kampus Geodiversitas Karangsambung.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs