Kamis, 25 April 2024

Terkait Temuan BPK, Presiden Perintahkan Jajarannya Segera Melakukan Perbaikan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan keterangan di acara Indo Defence 2022 Expo and Forum, Rabu (2/11/2022), di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden memberikan tanggapan mengenai hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait penggunaan anggaran tahun 2022 di kementerian/lembaga.

Presiden menegaskan, sudah menginstruksikan seluruh jajarannya melakukan perbaikan.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi, siang hari ini, Rabu (2/11/2022), usai meninjau Indo Defence 2022 Expo and Forum, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

“Saya sudah perintahkan kepada semua menteri dan tidak hanya satu urusan itu saja karena kemarin juga baru disampaikan kepada saya laporan untuk semester satu dan temuannya banyak dan itu yang perlu dilakukan perbaikan-perbaikan dan juga menyampaikan semuanya kepada BPK RI,” ujarnya.

Menurut Presiden, temuan BPK bisa terjadi di setiap kementerian/ lembaga. Supaya tidak ada temuan, Jokowi menekankan pentingnya perbaikan prosedur administrasif.

“Temuan-temuan seperti itu di kementerian-kementerian selalu ada. Yang paling penting prosedur administratif itu bisa dilakukan perbaikan-perbaikan,” imbuh Jokowi.

Sebelumnya, BPK RI memberikan koreksi terkait anggaran Program Komponen Cadangan di Kementerian Pertahanan.

Temuan itu dilaporkan BPK kepada Jokowi Presiden, melalui Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester I Tahun 2022, Selasa (1/11/2022), di Istana Merdeka, Jakarta.

Nyoman Adhi Suryadnyana Anggota I BPK mengungkapkan, temuan itu juga sudah disampaikan kepada Prabowo Subianto Menteri Pertahanan.

Dia bilang, laporan temuan itu langsung direspons Prabowo dengan melakukan perbaikan.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs