Jumat, 26 April 2024

Tim SAR Bangka Belitung Evakuasi 17 Serpihan Helikopter Polri

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tim SAR Gabungan Provinsi Bangka Belitung saat mendata serpihan bangkai helikopter Polri yang jatuh di Perairan Belitung Timur, Senin (28/11/2022). Foto: Antara

Tim SAR Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil mengevakuasi 17 serpihan kecelakaan helikopter lost contact jenis BO-105 nomor register P-1103 milik Polri di Perairan Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Minggu (27/11/2022).

“Saat ini serpihan-serpihan helikopter ini sudah dikumpulkan dan didata di posko,” kata I Made Oka Astawa Kepala Basarnas Provinsi Kepulauan Babel di Manggar, Senin (28/11/2022).

Seperti dilaporkan Antara, Oka mengatakan serpihan helikopter milik Polri yang jatuh di Perairan Belitung Timur itu, yang berhasil ditemukan diantaranya tangki cadangan bahan bakar minyak (BBM), kursi jok penumpang, tas ransel korban, dan lainnya dengan total serpihan sebanyak 17 unit.

“Serpihan helikopter ini tidak hanya ditemukan oleh tim SAR, tetapi juga dari nelayan yang melaut di sekitar lokasi jatuhnya helikopter tersebut,” ungkapnya.

Oka juga menyatakan serpihan ini tidak jauh dari ditemukan satu korban helikopter Bripda Muhammad Khoirul Anam (teknisi) yang ditemukan di Pantai Burung Mandi Manggar, Belitung Timur pada Senin (28/11/2022) pukul 08.17 WIB.

“Dengan luas area pencarian 68 Nautical Mile, selanjutnya apabila korban ditemukan akan dievakuasi menggunakan rubber boat dan dievakuasi ke RSUD Belitung Timur,” tuturnya.

Kombes Maladi Kabid Humas Polda Kepulauan Babel mengimbau nakhoda kapal dan nelayan yang melintas di titik diduga lokasi jatuhnya helikopter ini ikut mengawasi dan melapor jika menemukan korban atau puing-puing helikopter ini ke posko-posko keamanan terdekat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seorang nelayan Belitung Timur yang melaporkan penemuan puing helikopter ini ke kepolisian Manggar Belitung Timur. Ini sangat membantu tim SAR dalam mengoptimalkan pencarian korban dan bangkai helikopter ini,” ujarnya.(ant/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs