Kamis, 9 Februari 2023

Tim SNPMB: Perubahan Sistem PTN dalam Penerimaan Mahasiswa Baru 2023

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng (tengah) Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) selaku Ketua Umum SNPMB 2023 saat mensosialisasikan mengenai SNPMB 2023. Foto: Humas ITS

Tim persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), mengulas perubahan sistem dan informasi terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru 2023 di perguruan tinggi negeri (PTN) yang digelar di Auditorium Gedung D lantai 2 Kemdikbudristek, Jakarta.

Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB mengatakan, sistem yang berlaku pada tahun 2023 tidak jauh berbeda pada tahun-tahun sebelumnya.

“Substansinya tetap sama, yang berbeda hanya penyesuaian sistem saja agar proses seleksi bisa lebih inklusif dan meningkat,” ujarnya saat konferensi pers, Kamis (1/12/2022).

Jadwal Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Foto: Humas ITS

Ashari yang sekaligus Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu, memaparkan perubahan nama pada jalur seleksi PTN, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk jalur undangan dan (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) SNBT untuk jalur tes tertulis.

“Ujian mandiri masing-masing universitas tetap diberlakukan, tetapi harus transparan dan mengacu pada nilai SNBT,” tegasnya.

Jadwal Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. Foto: Humas ITS

Dia juga menjelaskan, calon mahasiswa baru berhak memilih dua program studi (prodi) dari dua universitas ataupun satu universitas.

Selain itu, calon mahasiswa dapat melakukan lintas jurusan dengan mempertimbangkan persyaratan dan kebijakan yang berlaku dari masing-masing universitas.

Tidak hanya itu, guru besar Teknik Elektro ITS mengungkapkan bahwa subtes pada SNBT mengalami rekonstruksi dengan menghapus Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan menambahkan tujuh subtes baru. Ketujuh subtes itu di antaranya, TPS, Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematik.

Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) yang merupakan pengganti Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) juga melahirkan inovasi dengan menambahkan Diploma III (D3) sebagai pilihan baru.

Sehingga calon mahasiswa baru nantinya dapat memilih jurusan sesuai tingkatan kuliah yang diinginkan, yaitu Diploma III (D3), Sarjana Terapan (D4), dan Sarjana (S1).

Selanjutnya, Ashari juga menyampaikan, mekanisme SNPMB 2023 tidak memiliki perubahan signifikan. Dimulai sosialisasi PDSS di bulan Desember hingga pengumuman SNBT pada Maret 2023.

Ashari dan penyelenggara SNPMB berharap, perubahan sistem ini dapat berguna dan mewadahi calon mahasiswa baru untuk menentukan masa depan sesuai minat dan bakat mereka.(tik/ipg)

Berita Terkait