Jumat, 26 April 2024

Tol Semarang-Demak Diuji Coba Guna Urai Kemacetan di Pantura

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tol Semarang-Demak seksi II (Sayung-Kadilangu) diuji coba sebagai jalur alternatif, untuk mengurai kemacetan di jalur konvensional pantura. Foto: Pemprov Jateng

Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ruas Sayung-Demak mulai dibuka untuk tahap uji coba sejak Sabtu (12/11/2022) guna mengurai kemacetan lalu lintas di jalur Pantura Jawa Tengah.

“Tol Semarang-Demak Seksi II sudah mulai dibuka secara terjadwal pada Sabtu (12/11/2022) yakni pagi pukul 06.00-10.00 WIB jalur dibuka dari arah Demak menuju Semarang melalui exit Tol Kadilangu, sedangkan pada sore hari mulai pukul 15.00-18.00 WIB dibuka dari arah Semarang ke Demak via exit Tol Sayung,” kata Robby Sumarna Humas PT Pembangunan Perumahan (PT PP) saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Jateng, Minggu (13/11/2022).

Menurut dia, uji coba pembukaan Jalan Tol Semarang-Demak tersebut akan berlangsung hingga 2 Desember 2022.

Ia menyebut uji coba Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II tidak terlepas dari arahan Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah dan Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ganjar terus melakukan komunikasi intens terkait dengan solusi penguraian kemacetan di jalur pantura, akibat pembangunan Jembatan Wonokerto.

“Ini harapan yang ditunggu-tunggu sebenarnya dari masyarakat di Sayung dan sekitarnya. Jalan Tol Semarang-Demak diharapkan menjadi jalur untuk mengurai kemacetan, insya Allah akan bermanfaat,” katanya seperti dilansir Antara.

Pada saat pengecekan pada pekan lalu, Ganjar menyebut ruas tol sepanjang 16,31 kilometer itu menyisakan pengerjaan detail seperti rambu dan ornamen pada pintu keluar jalan tol.

Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak memiliki dua seksi pekerjaan yakni Seksi I ruas Kaligawe-Sayung dengan panjang 10,39 kilometer dan Seksi II ruas Sayung-Demak memiliki panjang 16,31 kilometer.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs