Jumat, 29 Maret 2024

UNICEF Apresiasi Capaian BIAN di Jawa Timur

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Dokumentasi Foto Geliat UNAIR saat mengimunisasi anak-anak dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Jawa Timur. Foto: Istimewa

Tubagus Arie Rukmantara Kepala Kantor UNICEF untuk Wilayah Jawa mengapresiasi capaian imunisasi tambahan Campak Rubella di Jawa Timur selama Bulan Imunisasi Anak Nasonal (BIAN) tahap II sebesar 2.282.949 anak.

Menurut Arie, imunisasi merupakan intervensi kesehatan yang paling sederhana dan efektif serta telah terbukti memberikan banyak manfaat kepada anak-anak.

“UNICEF menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan salut serta bangga atas keberhasilan Pemprov Jawa Timur dan masyarakat di 38 kabupaten-kota mengejar target BIAN. Ini capaian sangat penting, Jatim bekerja tanpa lelah, bersama-sama menjangkau semua anak, tanpa kecuali, agar Jatim bangkit dari pandemi dengan anak-anak yang lebih sehat,” ujar Arie dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (14/9/2022).

Dr. Erwin Ashta Triyono Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Prov Jatim menambahkan, keberhasilan mencapai angka cakupan lebih dari 97 persen dari jumlah sasaran anak usia 9 – 59 bulan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak.

“Keberhasilan ini merupakan kontribusi Jawa Timur terhadap upaya eliminasi Campak Rubella pada tahun 2023 di seluruh dunia,” ungkap Erwin.

Di akhir periode BIAN, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berhasil mencapai target nasional. Meski demikian Kementerian Kesehatan tetap melakukan perpanjangan sampai dengan akhir September karena capaian imunisasi untuk tahap II ini baru mencapai 86,1 persen. Arie mencapaikan di sisa waktu sampai dengan akhir bulan September ini penting untuk kita menuntaskan, sehingga tidak ada satu anak pun yang tertinggal.

“Dengan dukungan 2.438 mahasiswa Geliat Unair dan 1.150 Pramuka Saka Bakti Husada yang turun menjadi relawan menyukseskan BIAN, kami optimis Jatim bisa 100 persen di akhir masa perpanjangan ini,” pungkas Arie.(dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs