Sabtu, 20 April 2024

Warga Bendul Merisi RW 4 Kompak Bersihkan Sedimen Saluran Air hingga Sarang Tikus

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Warga RW 4 waktu membongkar dan membersihkan saluran dari endapan sedimen, Minggu (27/11/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Warga RW 4 Kelurahan Bendul Merisi, Kecamatan Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur, sibuk melakukan kerja bakti dalam program Surabaya Bergerak, sampai pukul 09.00 WIB. Kerja bakti berlangsung di empat titik kawasan yang terbagi atas RT 1 sampai 4.

Para warga fokus untuk membersihkan endapan sedimen di saluran, perantingan pohon, hingga membongkar bangunan semi permanen yang tidak terpakai sejak 10 tahun. Bangunan bekas warung itu, kata warga, menjadi sarang tikus dan ular.

Muhammad Taufik Lurah Bendul Merisi mengatakan, kegiatan kerja bakti di kawasannya memang rutin digelar setiap triwulan atau tiga bulan sekali.

Pantauan suarasurabaya.net,, warga kompak mengerjakan tugasnya masing-masing dan mengumpulkan sampah hasil kerja bakti di ujung gang 6 RW 4. Tumpukan sampah itu lalu diangkut Tim Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Surabaya.

“Kami fokus membersihkan saluran karena sedimennya sudah mulai bikin mampet dan juga ada beberapa rumah salurannya buntu. Itu kami bongkar bersama untuk dibersihkan, pemilik rumah juga tidak keberatan,” kata Taufik saat ditemui suarasurabaya.net, Minggu (27/11/2022).

Bangunan semi permanen yang jadi sarang tikus dan ular, dibongkar warga karena sudah lama tidak terpakai, Minggu (27/11/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pembersihan saluran itu sebagai upaya pencegahan dari penyakit demam berdarah dengue (DBD). Sedangkan, perantingan pohon harus dibersihkan warga karena dahannya cukup menjalar.

Menurut Taufik, warga Bendul Merisi selalu antusias berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti. Hal itu tidak terlepas dari kesadaran warga sendiri yang memahami pentingnya menjaga lingkungan.

“Dengan adanya Surabaya Bergerak, bantuan untuk mengangkut sampah hasil kerja bakti menjadi mudah. Tidak sampai menunggu lama,” kata Taufik.

Dia berharap, agenda rutinan itu bisa terus digelar supaya kebersihan lingkungan di Bendul Merisi terjaga dan sehat, sekaligus bisa menumbuhkan kerukunan dan harmonisasi antarwarga.

Untuk diketahui, kegiatan Surabaya Bergerak terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan, sebagai bentuk nyata mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga Kota Surabaya dalam menjaga lingkungannya.(wld/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs