Senin, 4 Maret 2024

Warga Kelurahan Dupak Semangat Ikut Surabaya Bergerak untuk Pertama Kalinya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Surabaya Bergerak, Hindari Bencana. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Warga RT 2 RW 1 dan RT 6 RW 1 Kelurahan Dupak bersemangat gotong royong membersihkan saluran air dalam rangka “Surabaya Bergerak,” Minggu (18/12/2022) sejak pukul 06.30 WIB.

Lutfan Adie Wibowo Lurah Dupak kepada Suara Surabaya mengatakan, kerja bakti yang dilakukan hari ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh warga di lingkungannya.

“Warga antusias karena memang musim penghujan, dan warga sebenarnya sebulan dua kali mereka sudah rutin membersihkan saluran walaupun tidak di musim hujan,” ujarnya.

Dalam kegiatan kali ini, Lutfan menjelaskan, warga tidak banyak mengalami kesulitan.

“Tadi pagi saya kontak Pak RW katanya saluran sudah lancar semua apalagi ada beberapa lokasi yang habis dapat pengerjaan u-ditch sehingga salurannya baru,” terangnya.

Meski baru pertama kali ikut Surabaya Bergerak, pihaknya memastikan akan mengagendakan kegiatan itu untuk warganya pekan depan.

“Ini penting dilakukan untuk menjaga lingkungan kebersihan saluran karena antisipasi puncak hujan di bulan Desember-Januari ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, “Surabaya Bergerak” juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Senin, 4 Maret 2024
27o
Kurs