Minggu, 14 April 2024

102 Ribu Ton Beras untuk 3,4 Juta KPM di Jatim Mulai Disalurkan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim waktu meninjau gudang beras di Bulog, Sidoarjo, Rabu (13/9/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mulai menyalurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Tahap II kepada 3,4 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berupa beras sebanyak 102 ribu ton.

Bantuan cadangan pangan itu akan disalurkan secara bertahap selama periode Bulan September, hingga November 2023. Nantinya setiap KPM menerima bantuan sejumlah 10 kg beras selama tiga bulan.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengatakan, untuk penyaluran hari ini, ada sebanyak 68,69 ton beras yang didistribusikan kepada masyarakat. Rinciannya, Kabupaten Gresik 8,7 ton dan 59,99 ton beras ke Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan.

“Dari 3,4 juta KPM yang sudah terverifikasi sebanyak 3,2 juta KPM dan 200 ribu sisanya masih dalam proses verifikasi. Mudah-mudahan bisa segera selesai,” terang Khofifah di Gudang Bulog, Sidoarjo, Rabu (13/9/2023).

Penyaluran bantuan pangan ini, lanjut Khofifah diharapkan bisa menjadi penetrasi terhadap naiknya harga beras di pasar, dan di satu sisi naiknya Gabah Kering Giling (GKG) dan Gabah Kering Panen (GKP) bisa memberikan manfaat bagi para petani.

“Tentu kita berharap bahwa ini akan memberi nilai tambah bagi para petani,” imbuhnya.

Khofifah mengungkapkan, kenaikan harga beras dipicu karena naiknya harga GKG dan GKP. Yang mana, harga beras ini tidak hanya terjadi di Jatim tapi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

“Memang harga GKP dan GKG sampai di penggilingan diatas HET, itulah yang menyebabkan harga beras, di pasar juga di atas HET,” tandasnya.

Ermin Toa Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Jatim, melaporkan bahwa bantuan pangan tahap II ini diharapkan dapat mengembalikan kestabilan harga beras di pasar sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Ini akan segera kami distribusikan, dengan harapan bantuan pangan ini kelak mampu membuat harga beras lebih stabil, dan dalam upaya itu masyarakat juga dapat memenuhi kebutuhan pangan mereka,” kata dia.

Sebagai informasi, Penyaluran Bantuan Pangan Pemerintah Tahap I Tahun 2023 telah dilaksanakan pada bulan Maret, April dan Mei 2023. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
28o
Kurs