Minggu, 28 April 2024

Akhir Pekan, Cuaca Sebagian Besar Jatim Kembali Cerah hingga Berawan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Foto illustrasi cuaca cerah berawan. Foto: Pixabay Foto illustrasi cuaca cerah berawan. Foto: Pixabay

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) pada akhir pekan, Minggu (29/10/2023), berpotensi cerah seharian.

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, potensi hujan diprakirakan hanya terjadi di wilayah Kabupaten Probolinggo pada siang sampai sore hari, dengan intesitas sedang hingga lebat disertai petir.

Sedangkan untuk Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik) dan sebagian besar wilayah Jatim lainnya diprakirakan cerah hingga berawan seharian ini.

Suhu udara di Jatim, berkisar 15-37 derajat celcius dengan kelembapan udara mencapai 35 hingga 95 persen. Angin dominan berhembus dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 40 kilometer per jam.

Di sisi lain, di wilayah perairan Jatim, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan secara umum kondisinya cerah berawan dan belum ada potensi hujan.

Arah angin didominasi berhembus dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 21 knots (39 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 17 knots (33 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.8-3.0 meter.

BMKG Maritim Tanjung Perak juga mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di wilayah pesisir mewaspadai gelombang laut mencapai 2.5 meter di Samudera Hindia Selatan Jawa Timur. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs