Sabtu, 4 Mei 2024

Almarhum Roem Rowi Dikenang sebagai Ulama Pemersatu Umat

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Prof. Dr. KH M. Roem Rowi Imam Guru Besar dan Ulama. Foto: enerlife.id

Agung Wicaksono Direktur Utama Lembaga Manajemen Infaq (LMI) menyebut mendiang Prof. Dr. KH M. Roem Rowi sebagai ulama yang kharismatik dan memiliki pengabdian besar terhadap dakwah Islam.

“Kami sungguh merasa kehilangan. Beliau bukan saja sebagai ketua Dewan Syariah LMI, tetapi beliau milik semua umat,” ucapnya pada Sabtu (12/8/2023).

Agung mengatakan, figur Roem Rowi memiliki gaya ceramah yang mampu memberikan nasihat yang menentramkan, menyatukan, dan solutif.

“Nasihat-nasihat beliau yang kami ingat untuk pegiat lembaga filantropi adalah beliau mencontohkan teladan dari Umar bin Khatab, yakni manusia selalu membutuhkan orang lain untuk mengkritisi tindakan dan kebijakan kita. Manakala ada salah dan lupa, karena tidak ada manusia yg luput dari kesalahan, dan tidak ada loyalitas mutlak selain kepada Allah SWT,” katanya.

Selain memberi nasihat, dalam setiap ceramahnya Roem Rowi senantiasa menyelipkan guyonan cerdik untuk membuat tertawa jemaah.

Ia juga mengenang penyampaian Roem Rowi tentang al-qur’an. Bahwa Rasul mendefinisikan tentang Al-Qu’ran penuh dengan hal yang menarik dan memesona.

Karena unsur yang terdapat dalam kitab suci, baik berupa informasi pada masa lampau maupun informasi yang akan terjadi pada masa depan.

Seperti diketahui, Roem Rowi telah berpulang pada Jumat (11/8/2023) pukul 23.31 WIB. Ia dikebumikan pada Sabtu (12/8/2023).

Semasa hidupnya, Roem Rowi merupakan guru besar di Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Selain itu, ia juga aktif mengajar di berbagai perguruan tinggi, yakni di Pascasarjana Unair, Undar, Ikaha, IAIN Sunan Kalijaga, dan UMY. (ris/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs