Sabtu, 27 April 2024

Bamsoet Minta Korban Perdagangan Ginjal Mendapat Perawatan Maksimal

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Lima tersngka TPPO saat ungkap kasus di Mapolda Jatim, Selasa (13/6/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua MPR RI mendapat informasi kalau Polda Metro Jaya sedang merawat enam korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang menjadi korban sindikat jual-beli ginjal internasional. Keenam orang itu kehilangan satu organ ginjalnya usai diberangkatkan oleh sindikat ke Kamboja.

Ketua MPR minta pemerintah dan Kepolisian memastikan perawatan korban TPPO jual beli ginjal internasional tersebut dilakukan secara maksimal hingga korban kembali pulih.

Dia juga meminta pemerintah dan Kepolisian berkoordinasi dengan otoritas negara terkait untuk terus mengusut jaringan jual beli ginjal internasional tersebut sampai ke akar-akarnya dan memberikan sanksi tegas sesuai peraturan yang berlaku.

“Hal ini penting, agar jaringan tersebut bisa dihentikan secara tuntas dan tidak ada lagi korban TPPO jual-beli ginjal internasional, maupun kasus TPPO lainnya,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (21/7/2023).

Kata Bamsoet, pemerintah dan seluruh stakeholders terkait untuk serius menangani maraknya TPPO yang terjadi pada warga negara Indonesia (WNI) melalui berbagai modus, dan meningkatkan upaya preventif dalam menekan kasus TPPO di Indonesia.

“Langkah tersebut di antaranya dengan memahami modus-modus TPPO yang dilakukan seperti pemberian iming-iming menjadi asisten rumah tangga, pekerja seks komersial (PSK), eksploitasi anak, tawaran anak buah kapal (ABK), hingga penjualan organ tubuh, agar ke depannya pemerintah dapat lebih berhati-hati dan berupaya menanggulangi TPPO,” tegasnya.

Menurut Bamsoet, pemerintah harus terus memberikan edukasi dan pembinaan kepada masyarakat agar terhindar dari berbagai modus dan aksi TPPO, serta menjelaskan bagaimana dampak buruk yang berpotensi terjadi apabila masyarakat terjebak dalam TPPO.

” Saya minta seluruh pemangku kepentingan terkait untuk berkomitmen dalam memberantas TPPO, mulai dari upaya preventif, penanganan kasus, hingga pasca terjadinya kasus TPPO,” pungkas dia.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs