Selasa, 25 Juni 2024

Betonisasi Ruas Porong-Krembung dan PG Krembung-Ngoro Sidoarjo Dimulai Juli

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ruas jalan di Kabupaten Sidoarjo yang akan segera dibetonisasi. Foto: Pemkab Sidoarjo

Betonisasi ruas jalan raya Porong-Krembung dan ruas jalan PG. Krembung-Ngoro bakal segera dimulai tahun ini.

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo mengatakan, betonisasi bakal dilaksanakan paling lambat bulan Juli mendatang.

Anggaran sebesar Rp11,5 miliar disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo untuk pengerjaan jalan beton ruas PG Krembung-Ngoro dengan panjang 2,2 km dari APBD 2023.

“Proyek itu sekarang sudah dalam proses lelang, selanjutnya bisa segera running (pelaksanaan betonisasi) paling lambat Juli,” ucapnya saat meninjau langsung ruas PG-Krembung-Ngoro, Kamis (4/5/2023).

Gus Muhdlor menyampaikan, akan ada tiga proyek betonisasi di Kecamatan Porong dan Krembung. Selain di jalan PG Krembung, betonisasi juga akan dilakukan di jalan Porong-Krembung dan jalan di depan Kantor Kecamatan Krembung menuju Desa Mojoruntut.

“Untuk betonisasi di ruas jalan Porong-Krembung memakai anggaran APBN berdasarkan pengajuan atau usulan dari Pemkab Sidoarjo melalui Inpres, nilanya Rp119 M. Panjang ruas jalan yang dibeton 6,4 km. Sedangkan betonisasi di ruas jalan depan Kantor Kecamatan Krembung menuju Desa Mojoruntut panjangnya sekitar 900 meter,” ujarnya.

Pihaknya menyebut, percepatan peningkatan infrastruktur jalan tersebut merupakan kolaborasi antara Pemkab Sidoarjo dengan pemerintah pusat. Lewat Inpres tersebut untuk menyelesaikan ruas jalan Porong sampai Krembung.

“Betonisasi dari Krembung dulu, dari Desa Cangkring yang telah dilakukan betonisasi dan berlanjut sampai Desa Rejeni atau Desa Jenggot,” sampainya.

Ia melanjutkan, nantinya arus kendaraan yang biasanya melewati jalan PG Krembung akan dialihkan ke jalan raya Porong menuju Japanan.

Gus Muhdlor mengaku sudah mendapatkan izin dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional/BBPJN dan Dirlantas Polda Jatim untuk membuka pertigaan Japanan sebagai akses masuk kendaraan yang akan menuju Ngoro. Rencananya tanggal 22 Mei mendatang pertigaan Japanan tersebut akan dibuka kembali.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
28o
Kurs