Jumat, 10 Mei 2024

BKKBN Bikin Gerakan Kembali ke Meja Makan untuk Atasi Stunting

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sejumlah orang tua yang duduk bersama anak-anaknya untuk menikmati hidangan bergizi yang ada di meja makan di Palembang, Sumatera Selatan (7/7/2023). Foto : Antara

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merayakan Hari Keluarga Nasional ke-30 dengan menggelar kegiatan “Gerakan Kembali ke Meja Makan”. Tujuannya untuk menekan angka stunting dan merekatkan hubungan orang tua dengan anak.

“Kegiatan gerakan kembali ke meja makan merupakan upaya bersama untuk mengingatkan kembali kepada para keluarga Indonesia akan pentingnya meluangkan waktu untuk berkumpul dan berkomunikasi bersama anggota keluarga sehingga hubungan keluarga menjadi lebih kuat,” ujar Prof. Rizal Damanik DVM, Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN, Rabu (12/7/2023).

Melansir Antara, Rizal mengatakan anak punya wadah untuk mencurahkan persoalan yang terpendam dan orang tua bisa membimbing setiap persoalan yang dirasakan oleh anak.

Gerakan “Kembali ke Meja Makan” juga bertujuan untuk menekan angka stunting yang dapat menghambat kemajuan Indonesia.

Terkait dengan stunting, Rizal memaparkan bahwa Indonesia telah mengalami penurunan tren prevalensi stunting yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Namun masih berada di atas ambang batas standar WHO, sehingga masih berkategori darurat stunting.

Berdasarkan data Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) pada 2022, prevalensi stunting Indonesia masih berada pada angka 21,6 persen. “Oleh karena itu kami harus mengerahkan segala upaya sehingga target 14 persen pada tahun 2024 dapat tercapai,” ucap Rizal. (ant/dvn/saf)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
32o
Kurs