Senin, 27 Mei 2024

BRIN: Ada 35 Varietas Unggul Padi Hasil Iradiasi Sinar Gamma

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kegiatan monitoring oleh BRIN terkait benih padi varietas unggul hasil pemuliaan mutasi radiasi di Sulawesi Selatan. Foto: dokumen pribadi Kegiatan monitoring oleh BRIN terkait benih padi varietas unggul hasil pemuliaan mutasi radiasi di Sulawesi Selatan. Foto: dokumen pribadi

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan, ada 35 varietas unggul padi hasil pemuliaan tanaman menggunakan teknologi pemaparan radiasi (iradiasi) sinar gamma.

“Sampai Tahun 2023, dengan memanfaatkan teknologi pemuliaan mutasi radiasi, BRIN telah melepas 35 varietas unggul padi,” ujar Irawan Sugoro Kepala Pusat Riset Teknologi Proses Radiasi Organisasi Tenaga Nuklir BRIN di Jakarta, Senin (23/10/2023).

Dilansir dari Antara, Ia mengatakan, teknologi iradiasi sinar gamma bisa untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional, terutama dalam menghadapi perubahan iklim, seperti kekeringan, salinitas tinggi, banjir, meningkatnya serangan hama, dan kesuburan yang menurun.

Teknologi ini bertujuan mengubah genetik dan sifat dari tanaman agar menjadi lebih baik dibandingkan dengan induknya.

Proses iradiasi menargetkan materi genetik DNA tanaman, sehingga mutasi yang terjadi diharapkan dapat menghasilkan sifat-sifat baru yang menguntungkan, seperti memendekkan umur panen, meningkatkan produktivitas, tahan hama, dan tahan kekeringan.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil mutasi tersebut, usia tanam padi bisa diperpendek menjadi tiga bulan, serta dapat meningkatkan produktivitas hingga dua kali lipat tergantung varietas.

“Awalnya hanya 5-6 ton bisa ditingkatkan 10-11 ton,” ujarnya.

Selain berhasil melepas 35 varietas unggul padi hasil iradiasi sinar gamma, BRIN juga berhasil melakukan teknik mutasi ini ke beberapa komoditas lain, antara lain 15 varietas kedelai, tiga sorgum, dua kacang hijau, satu kacang tanah, satu gandum, dan satu pisang.(ant/ath/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
29o
Kurs