Senin, 29 April 2024

Command Center 112 Surabaya Jadi Layanan Call Center Terbaik 2023 Versi Kemkominfo

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Erna Purnawati Asisten 1 Pemkot Surabaya menerima penghargaan Command Center 112 layanan call center terbaik dalam acara InterAksi (Indonesia Terkoneksi Siap Beraksi) di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Command Center 112 Surabaya milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya jadi layanan call center 112 terbaik 2023 versi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Budi Arie Setiadi Menteri Kominfo mengatakan, meminta daerah yang menerima penghargaan bisa meningkatkan koordinasi dan kerja sama untuk mencapai transformasi digital nasional.

“Saya juga mengharapkan agar kerja sama dan koordinasi ini dapat terus ditingkatkan dan diperkuat, dalam rangka mewujudkan visi dan misi transformasi digital nasional. Selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi dan inspirasi, bagi kita semua, untuk terus berinovasi dan berprestasi di masa depan,” kata Budi Arie dirilis Dinas Kominfo Kota Surabaya, Rabu (13/12/2023).

M Fikser Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya menyebut, banyak indikator yang dijadikan penilaian, salah satunya jumlah panggilan dan penanganan terbaik pada penyelenggaraan nomor layanan 112, serta mutu atau kualitas layanan panggilan darurat 112.

“Selain itu, ada atau tidaknya media sosial yang dikelola tim layanan 112, jumlah pengikut (follower) dan sejenisnya, serta banyak kiriman (postingan) mengenai aktivitas/sosialisasi/dan sebagainya pada akun tersebut,” katanya.

Ia berkomitmen, layanan Command Center 112 Surabaya sejak 2018 akan tetap jadi ujung tombak dalam penanganan kejadian kegawatdaruratan di Kota Surabaya, dengan respons cepat, dan teknologi terkini.

“Namun, tidak hanya tentang kecepatan. Layanan ini mengintegrasikan sumber daya darurat, memastikan koordinasi yang lebih baik antara tim yang kesemuanya terhubung dalam satu sistem terpusat. Melalui pemantauan real-time, Command Center dapat melihat dan merespons situasi secara langsung untuk mendukung pembuatan keputusan berdasarkan informasi terkini,” tegasnya.

Ia minta masyarakat bisa melaporkan situasi darurat melalui telepon untuk respons yang lebih baik.

“Tentu ini sangat membantu para pembuat keputusan memahami tren kejadian darurat, merencanakan respon masa depan, dan terus meningkatkan sistem ini. Yang lebih penting lagi, implementasi Layanan Command Center 112 sangat membawa dampak positif dalam meningkatkan keamanan dan kesejahteraan masyarakat Kota Surabaya,” pungkasnya.

Diketahui, penghargaan itu diterima oleh Erna Purnawati Asisten 1 Pemkot Surabaya dalam acara InterAksi (Indonesia Terkoneksi Siap Beraksi) di Jakarta, Selasa (12/12/2023). (lta/ham/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs