Minggu, 28 April 2024

Eks Lokalisasi Doly Disulap jadi Kampung Bersih Narkoba karena Tingkat Kerawanan Tinggi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kombes Pol Pasma Royce Kapolrestabes Surabaya saat jumpa pers setelah peresmian Kampung Tangguh Bebas Narkoba, Rabu (30/8/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Polrestabes Surabaya menyulap kawasan eks lokalisasi Doly menjadi Kampung Tangguh Bersih Narkoba. Posko kampung tangguh itu terletak di Pasar Burung, Kupang Gunung Timur, Kota Surabaya.

Kombes Pol Pasma Royce Kapolrestabes Surabaya mengatakan, ada alasan khusus mengapa Kampung Tangguh Bersih Narkoba ditempatkan di Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan itu.

“Sebagaimana yang saya sampaikan, bahwa Putat jaya Kecamatan Sawahan ini, wilayah yang memiliki kerawanan. Parameternya apa, berdasarkan dari hasil pengungkapan jumlah kasus dan tersangka ini paling tinggi ada di sini,” ungkap Pasma Royce, Rabu (30/8/2023).

Menurut data Polrestabes Surabaya, Jumlah kasus tertinggi di kecamatan sawahan sebanyak 115 kasus selama periode 2022-2023.

Rinciannya, Kelurahan Putat Jaya 38 kasus, Pakis 26 kasus, Petemon 16 kasus, Banyuurip 14 kasus, Kupang Prajan 11 kasus, dan Sawahan 10 kasus.

Pasma melanjutkan, atas dasar tersebut dan intrsuksi Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri, pihaknya membangun Posko Tangguh Bersih Narkoba.

“Makanya berangkat dari pengungkapan kasus itu, kita menetapkan dan membangun kampung tangguh bebas narkoba di Surabaya ini,” ungkap Pasma.

Dalam Posko Kampung Tangguh Bersih Narkoba ini, ada beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan parah pencandu narkoba yang ingin melaporkan dan melakukan rehabilitasi.

“Kami sudah melihat dan meninjau, di sini ada konseling, dari Plato, Orbit dan Pemkot, UMKM pusat informasi, bagi masyarakat untuk ingin mengetahui data dan informasi bisa berkunjung di tempat ini,” ujar Pasma.

“Pemberdayaan bersama-sama dengan potensi masyarakat didukung pemerintah dengan lapisan pihak, bisa melakukan kegiatan yang mengedukasi masyarakat, seperti ada UMKM, sepatu, batik banyak potensi yang lain,” pungkasnya. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs