Sabtu, 4 Mei 2024

Kawasan Jawa Timur Hari Ini Berpotensi Kembali Cerah Seharian

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Cuaca di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya saat cerah berawan. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirkan cuaca di seluruh Jawa Timur pada awal pekan, tepatnya Senin (22/5/2023), berpotensi cerah seharian.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, cuaca diprediksi akan cerah hingga cerah berawan di beberapa daerah. Seperti, Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik), Pulau Madura, dan sekitara kawasan Selatan Jatim yakni Kabupaten Pacitan.

Suhu Udara cukup dingin berkisar 13 hingga 33 derjata celcius, dengan kelembapan di angka 50-100 persen. Angin dominan dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara itu di wilayah Perairan, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan kondisi cuaca secara umum berawan dengan potensi hujan ringan di Perairan Kalimantan Tengah dan Perairan Masalembu.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 19 knots (35 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 24 knots (44 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-2.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.8 meter.

Adapun masyarakat yang beraktivitas di kawasan pesisir, diminta mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs