Minggu, 14 April 2024

Hari Keempat Aksi Demonstrasi Penembakan Remaja, Kepolisian Prancis Tangkap 1.311 Demonstran

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Polisi prancis mengepung seorang warga di tengah demonstrasi memprotes kematian Nahel M remaja 17 tahun yang meninggal tertembak. Foto: Reuters

Kementerian Dalam Negeri Prancis menyatakan kepolisian per hari Sabtu (1/7/2023) waktu setempat sudah menangkap 1.311 demonstran yang bertindak brutal saat memprotes kematian seorang remaja 17 tahun keturunan etnis Algeria/Maroko akibat ditembak seorang oknum polisi.

Sekitar 4.500 polisi yang didukung kendaraan lapis baja dikerahkan untuk meredakan serangkaian protes yang meliputi pembakaran tempat sampah dan mobil, serta perusakan bangunan.

“Menurut kementerian, dalam semalaman ada 79 petugas keamanan termasuk polisi yang terluka,” bunyi pertanyaan tersebut yang dikutip Antara dari Anadolu, Minggu (2/7/2023).

Sebagai informasi, Nahel M pemuda 17 tahun keturunan Afrika Utara, ditembak dari jarak dekat oleh seorang polisi, pada Selasa (27/6/2023), di daerah pinggiran Nanterre, Paris setelah mencoba lari saat diberhentikan polisi.

Sekarang, oknum polisi tersebut menjalani investigasi formal dan sudah ditahan.

Di sisi lain, Badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyampaikan keprihatinan atas penembakan brutal oleh polisi itu, dan meminta Prancis segera menangani isu rasisme dan diskriminasi yang mendalam di lembaga penegakan hukum mereka.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
28o
Kurs