Jumat, 26 April 2024

“Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia 2023” Jadi Tema Hari Buruh Sedunia

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Massa aksi unjuk rasa Hari Buruh Sedunia yang menuju ke Kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan, Surabaya, Senin (1/5/2023). Foto: Chandra suarasurabaya.net

Setiap tahunnya, peringatan Hari Buruh Sedunia dirayakan secara internasional pada tanggal 1 Mei.

Hari Buruh atau juga dikenal dengan sebutan May Day, dirayakan untuk meningkatkan kesadaran dan mendidik masyarakat tentang pentingnya hak-hak pekerja.

Pada tahun ini, International Labour Organization (ILO) menetapkan tema Hari Buruh Sedunia 2023 adalah World Day for Safety and Health at Work 2023 atau Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia 2023

Sebelumnya pada bulan Juni 2022, Konferensi Perburuhan Internasional (ILC/International Labour Conference) memutuskan untuk memasukkan “lingkungan kerja yang aman dan sehat” ke dalam prinsip dan hak dasar ILO di tempat kerja.

“Lingkungan kerja yang aman dan sehat merupakan prinsip dasar dan hak di tempat kerja,” tulis laman resmi ILO.

Kemudian, pada 28 April 2023, ILO merayakan keputusan ini dengan mengumpulkan para ahli dan konstituen untuk membahas implikasinya terhadap dunia kerja, serta bagaimana menerapkan hak ini secara praktis di dunia kerja.

Dalam sejarahnya, Hari Buruh Sedunia untuk pertama kali dirayakan pada tahun 1890 setelah proklamasi Kongres Internasional pertama partai-partai sosialis di Eropa pada 14 Juli 1889 di Paris, Prancis, untuk mendedikasikan 1 Mei setiap tahun sebagai “Workers Day of International Unity and Solidarity” atau Hari Buruh Persatuan dan Solidaritas Sedunia.(ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs