Minggu, 28 April 2024

Indonesia Bisa Mencontoh Singapura Terkait Penerapan Teknologi Berdasarkan Riset

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (kanan) bersama Suryo Pratomo Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Singapura. Foto: KBRI Singapura

Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyebut banyak kisah sukses dalam pengelolaan negara di Singapura yang layak dan bisa diadopsi di Indonesia.

“Indonesia dapat mencontoh bagaimana penggunaan teknologi berdasarkan riset yang berasal dari perguruan tinggi untuk banyak hal dalam proses administrasi dan pelayanan terhadap warganya,” kata Tito melalui keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net pada Selasa (5/9/2023).

Suryo Pratomo Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Singapura juga menyampaikan hal senada. Katanya, saat ini Indonesia memiliki lebih dari 2.000 startup, dua decacorn, dan lebih dari tujuh unicorn.

“Startup dengan pertumbuhan tertinggi berada di sektor layanan on demand, teknologi finansial, dan e-commerce,” kata Tommy, sapaan akrabnya.

Ia menyebut bahwa ekonomi digital Indonesia yang tumbuh pesat telah meningkat sebesar 52 persen pada tahun 2021 dengan total 53 miliar dolar AS dan diproyeksikan akan melebihi 124 miliar pada akhir tahun 2025.

Kondisi ini, sangat tepat jika Indonesia melaksanakan kerja sama intensif dengan Singapura, sebagai salah satu pusat keuangan dan teknologi terbesar di dunia. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs