Sabtu, 4 Mei 2024

Indonesia Mengutuk Tindakan Kekerasan Israel di Masjid Al-Aqsa

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Warga Palestina berjalan keluar saat pasukan keamanan Israel mengambil posisi di kompleks Al-Aqsa menyusul bentrokan yang terjadi di Kota Tua Yerusalem, Palestina. Foto: Antara

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengutuk keras tindakan kekerasan aparat keamanan Israel di Masjid Al-Aqsa beberapa waktu lalu.

“Indonesia mengutuk tindak kekerasan aparat keamanan Israel di Masjid Al-Aqsa di bulan suci Ramadan yang menyebabkan sejumlah jemaah terluka dan penangkapan ratusan lainnya,” ungkap Kemenlu melalui akun Twitter-nya, Sabtu (8/4/2023).

Pemerintah menilai tindakan ini menyakiti perasaan umat Muslim dunia, pelanggaran nyata terhadap kesucian Al-Aqsa dan akan memicu eskalasi konflik dan kekerasan.

Selanjutnya Indonesia mendesak PBB dan dunia internasional segera mengambil langkah nyata guna menghentikan dan mengakhiri berbagai pelanggaran Israel terhadap Al-Aqsa.

Sebelumnya Kedutaan Besar Palestina di Indonesia, mengutuk keras serangan tentara pendudukan Israel terhadap jemaah di Masjid Al-Aqsa.

“Pasukan pendudukan Israel secara ilegal menginvasi Mesjid Al-Aqsa, menyerang pria, wanita, dan anak-anak secara biadab, menahan lebih dari 500 orang secara tidak sah,” kata Kedutaan Besar Palestina, Jumat (7/4/2023) lalu.

Palestina menegaskan kembali, bahwa Israel tidak memiliki kedaulatan apa pun atas bagian mana pun dari Kompleks Masjid Al-Aqsa.

Jemaah Palestina memiliki hak mutlak untuk berdoa dengan bebas dan aman di dalam dan di sekitar kompleks Al-Aqsa, kapan pun dan kapan pun, tanpa halangan atau kekerasan, tandas Kedubes Palestina.

Agresi Israel terhadap Kompleks Masjid Al-Aqsa yang suci adalah serangan mengerikan terhadap hak dasar warga Palestina untuk beribadah dengan bebas di tempat sucinya, terutama selama bulan suci Ramadan.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs