Kamis, 18 April 2024

Jamaah Calon Haji Gelombang Pertama Mulai Arbain di Masjid Nabawi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jemaah meninggalkan Masjid Nabawi seusai Salat Isya, Rabu (24/5/2023) malam. Foto: Antara

Jemaah calon haji Indonesia kloter satu telah sampai di Madinah, pada Rabu (24/5/2023) siang, dan sudah melaksanakan Salat Arbain di Masjid Nabawi yang letaknya tidak jauh dari hotel tempat mereka menginap.

Melansir laporan Antara dari Masjid Nabawi, pada malam harinya, terlihat banyak peserta calon haji yang datang untuk Salat Magrib dan bertahan di masjid untuk Salat Isya.

Arief Nurrawi Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Jamaah Haji Lansia dan Disabilitas Daerah Kerja (Daker) Madinahdi, Kamis (25/5/2023), mengingatkan kepada para petugas bimbingan ibadah per-kloter untuk mengedukasi jamaah, khususnya lansia tetap mengutamakan kesehatan fisik dan tidak memaksakan melakukan ibadah sunah sementara fisiknya sedang lemah.

“Para petugas bimbingan ibadah kloter, saya sarankan untuk memberitahu para jamaah untuk tidak memaksakan ibadah-ibadah sunah yang bisa mengakibatkan kelelahan saat nanti melaksanakan rukun dan wajib haji,” kata Arief.

Dia juga menyampaikan di kloter I tersebut terdapat 12 peserta calon haji yang memerlukan kebutuhan khusus. Mereka akan mendapatkan penanganan khusus dari petugas bidang kesehatan.

“Jemaah dengan kebutuhan khusus, termasuk mereka yang kelelahan akan langsung ditangani oleh tim EMT (Emergency Medical Team) PPIH Arab Saudi melalui screening,” katanya.

Sekadar diketahui, pada kedatangan hari pertama terdapat 16 kloter jamaah calon haji yang berangkat dari delapan embarkasi, yaitu Jakarta – Pondok Gede (JKG), Jakarta – Bekasi (JKS), Solo (SOC), Makassar (UPG), Aceh (BTJ), Kualanamu/Medan (KNO), Batam (BTH), dan Surabaya (SUB). (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
30o
Kurs