Jumat, 19 April 2024

Jokowi Presiden Siapkan Perpres Media Sustainability pada Momen Hari Pers Nasional Tahun Ini

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menerima kunjungan Dewan Pers periode 2022-2025, Senin (6/2/2023), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden berencana menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Keberlanjutan Media Massa (Media Sustainability) dalam waktu dekat, pada momen peringatan Hari Pers Nasional.

Perpres itu nantinya jadi payung hukum yang mengatur pola kerja sama dan hubungan antara media dengan platform global, demi ekosistem pers yang berkeadilan.

Rencana tersebut diungkapkan Kepala Negara, siang hari ini, Senin (6/2/2023), dalam pertemuan dengan Ketua beserta Anggota Dewan Pers periode 2022-2025, di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam keterangan usai pertemuan, Niniek Rahayu Ketua Dewan Pers mengatakan Presiden sepakat menyusun Perpres tentang Media Sustainability berdasarkan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, sesuai usulan Dewan Pers.

“Dalam hal Perpres Media Sustainability, Presiden menyetujui Perpres itu mengacu pada UU Pers sesuai masukan Dewan Pers,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Dewan Pers melaporkan sejumlah program kerja meliputi pendataan ratifikasi pers, pengaduan dan penegakan etika pers, serta peningkatan kapabilitas wartawan.

Lalu, Niniek juga menyampaikan kemajuan penanganan kasus-kasus hukum yang melibatkan insan pers, dengan adanya nota kesepahaman antara Dewan Pers dengan Polri.

Lebih lanjut, Ketua Dewan Pers bilang Jokowi menekankan pentingnya kebebasan pers yang bertanggung jawab, berdasarkan prinsip-prinsip dan etika jurnalistik.

Indikator pemberitaan yang bertanggung jawab, antara lain terkonfirmasi kebenarannya, serta menggunakan prinsip dan etika jurnalistik yang baik.

Kebebasan tanpa tanggung jawab, menurut Presiden bisa merugikan banyak orang, apalagi menjelang pemilu serentak tahun 2024 untuk menentukan anggota dewan, kepala daerah, dan pasangan presiden-wakil presiden.

Selanjutnya, Jokowi menyatakan bakal menghadiri puncak acara Hari Pers Nasional yang rencananya diselenggarakan tanggal 9 Februari 2023, di Kota Medan, Sumatera Utara.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs