Selasa, 7 Mei 2024

Kapolda Jatim Peringatkan Ada Razia Petasan Jelang Bulan Ramadhan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ilustrasi. Petasan. Foto : Antara

Irjen Pol Tonir Harmanto Kapolda Jawa Timur peringatkan para pembuat dan penjual petasan supaya tidak mengedarkan barang itu menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Respon peringatan Kapolda itu menyusul peristiwa ledakan besar akibat bahan petasan yang terjadi di Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Blitar pada Minggu (19/2/2023) sekitar pukul 22.30 WIB.

“Mengingatkan kepada warga masyarakat yang masih menjual dan membuat petasan. Kita akan lakukan itu (tindak tegas saat razia). Apalagi nanti menjelang puasa dan lebaran,” tegas Jenderal bintang dua itu, Senin (20/2/2023).

Kapolda itu bakal menginstruksikan 39 Polres jajarannya di seluruh Jatim untuk melakukan razia petasan jelang Bulan Ramadhan. Sebab peristiwa ini menjadi evaluasi bagi kepolisian.

Sebagai informasi, ledakan bahan petasan itu membuat satu rumah (sumber ledakan) luluh lantak. Sedangkan 25 rumah di radius 100 meter dari TKP mengalami kerusakan.

Tak hanya itu, dalam kejadian ini ada empat korban tewas. Para korban ledakan bahan petasan ini merupakan satu keluarga. Satu orang korban bernama Darman berhasil diidentifikasi oleh petugas, dia merupakan pemilik rumah.

Sedangkan tiga lainnya terpental hingga beberapa meter dari sumber ledakan.
Tiga orang itu adalah Widodo dan Arifin yang merupakan anak Darman, serta satu korban bernama Wawa kerabat ipar Arifin.

Kini tiga korban tersebut sedang diidentifikasi petugas karena potongan tubuhnya baru saja ditemukan dan kini dibawa ke rumah sakit terdekat.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs