Minggu, 25 Februari 2024

Ledakan Bubuk Petasan di Blitar, Empat Orang Meninggal dan Puluhan Rumah Rusak

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan layar sebuah video yang menunjukan sebuah rumah luluh rantak dengan tanah, dan 20-an lainnya rusak parah karena ledakan akibat bubuk petasan yang terjadi di di Dusun Sadeng, Desa Karang Bendo, Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Minggu (19/2/2023) malam jelang pukul 23.00 WIB.

Sebuah ledakan yang diduga bersumber dari petasan, terjadi di Dusun Sadeng, Desa Karang Bendo, Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Minggu (19/2/2023) malam jelang pukul 23.00 WIB.

Data yang dihimpun Radio Suara Surabaya, Senin (20/1/2023) dini hari, satu rumah warga luluh lantak dengan tanah. Sedangkan, 20-an rumah lainnya dilaporkan mengalami kerusakan, mulai atap rusak hingga kaca pecah.

AKBP Argo Wiyono Kapolres Blitar mengatakan, ledakan tersebut berasal dari sebuah rumah yang jadi tempat penyimpanan bubuk petasan. Kampung tersebut, kata dia, memang dikenal sebagai tempat meracik petasan untuk disiapkan menyambut bulan Ramadan.

Dari peristiwa ledakan itu ada empat orang ditemukan meninggal. Dengan rincian, satu korban laki-laki berhasil teridentifikasi diduga pemilik rumah sumber ledakan, sementara tiga lainnya belum.

“Sampai sekarang petugas masih mendata kerusakan di lokasi. Ledakan diperkirakan tejadi Minggu jam setengah 11 malam. Dentuman terdengar 10 kilometer lebih. Sampai pagi ini ada 25 rumah yang rusak berat karena dampak ledakan,” ujar Argo pada Radio Suara Surabaya, Senin.

Kapolres Blitar menambahkan, banyaknya rumah yang rusak karena ledakan tersebut terjadi di daerah padat penduduk. Saat ini, warga yang rumahnya rusak di depan lokasi kejadian telah diungsikan.

“Saat ini tim Labfor Polda Jatim sedang menyelidiki kasus tersebut,” ucap Kapolres Blitar.

Sebelumnya, dalam sebuah rekaman video yang dikirimkan pendengar terlihat puluhan rumah hancur berantakan akibat ledakan tersebut. Laporan pendengar menyebutkan kalau suara ledakan sangat keras, bahkan terasa sampai radius 20 kilometer. (bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
29o
Kurs