Sabtu, 24 Februari 2024

Kemenkes Jamin Ada Perlindungan Data Pribadi di RUU Kesehatan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Indah Febrianti Kepala Biro Hukum (Kabiro) Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Foto: Antara

Indah Febrianti Kepala Biro Hukum (Kabiro) Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengemukakan RUU Kesehatan menjamin perlindungan data pribadi pasien.

“RUU Kesehatan ada bab khusus tentang teknologi kesehatan dan sistem informasi kesehatan. Di situ diatur betul setiap proses data pribadi wajib melakukan perlindungan data pribadi,” kata Indah Febrianti dalam Dialog “Kemen-Cast” di Jakarta, Kamis (29/6/2023) dilansir Antara.

Ia mengatakan Indonesia saat ini memiliki UU Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi yang telah mengatur berbagai prinsip perlindungan data pribadi seseorang.

Menurut Indah, RUU Kesehatan mengakomodasi ketentuan tersebut untuk memastikan perlindungan data individu kesehatan seseorang. Salah satunya berkaitan dengan persetujuan dari pemilik data.

“Tidak perlu ada kekhawatiran data akan bocor, karena dipagari bagaimana jaminan perlindungan data pribadi dan di sana ada prinsip apa yang mendasari suatu proses data pribadi,” katanya.

Menurut Indah, data kesehatan seseorang pada prinsipnya bisa digunakan, salah satunya untuk kepentingan umum. Setelah data memperoleh persetujuan pemilik, kata Indah, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu penggunaan data untuk tujuan tertentu.

“Jadi, pemilik data tahu datanya akan digunakan untuk apa dan dipagari dari sisi keamanan dan perlindungan datanya,” katanya.

Seluruh ketentuan tersebut juga berlaku pada proses data genomik seseorang lewat hadirnya layanan bioteknologi kesehatan di Indonesia.

“Jadi, tidak benar jika RUU Kesehatan membuka celah jual beli data genomik seseorang,” tegasnya. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs