Minggu, 5 Mei 2024

Kepulangan Pekerja Migran asal Jawa Timur Capai 60 Persen Tahun Ini

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Himawan Estu Bagijo Kadisnakertrans Jatim. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur mencatat pada momen lebaran kali ini, kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) mencapai 60 persen.

Himawan Estu Bagijo Kadisnakertrans Jatim (Jawa Timur) mengatakan kepulangan PMI ini sudah berlangsung sejak Januari hingga April 2023. Namun, angka kepulangan tertinggi tercatat pada April 2023.

“Peningkatan kepulangan kali ini luar biasa. Rata-rata dari tanggal 16 April sampai 17 April sehari mencapai 750-800 orang. Dari April ini saja sudah sekitar 5.700 PMI yang pulang sampai H-2 lebaran,” kata Himawan, Jumat (21/4/2023).

Berdasarkan data Disnakertrans Jatim, Himawan menyebut mayoritas PMI mengambil cuti supaya bisa pulang ke kampung halaman masing-masing.

“Karena tahun ini berbeda tidak dibutuhkan persyaratan perjalanan soal Covid-19 seperti PCR, sehingga mereka gunakan untuk pulang setelah beberapa tahun tidak pulang,” jelasnya.

Meski ada peningkatan, Himawan mengatakan selama proses kepulangan PMI ini tidak ada kendala yang signifikan.

Justru pihaknya bersama Bank Jatim menyediakan mudik gratis dari Bandara Juanda ke daerah masing-masing, namun kebanyakan dari mereka sudah dijemput oleh keluarga.

“Tapi mereka kami beri tahu agar tidak terlambat kembali karena mereka cuti, supaya mereka tidak kehilangan kesempatan bekerja. Kalau terlambat mereka di penalti tidak bisa bekerja lagi,” jelasnya.(wld/abd/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs