Selasa, 23 April 2024

Ketua DPR Ingatkan Seluruh Elemen Bangsa Mewaspadai Upaya Menumbangkan Pancasila

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR membacakan Ikrar Pancasila, Minggu (1/10/2023), di Monumen Kesaktian Pancasila, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Foto: Biro Pers Setpres

Puan Maharani Ketua DPR RI, hari ini, Minggu (1/10/2023), membacakan Ikrar Kesaktian Pancasila dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Pada kesempatan itu, Puan menegaskan Pancasila merupakan bintang penuntun pemersatu seluruh Rakyat Indonesia.

Sejak diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945, dia menyebut sudah begitu banyak rongrongan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, baik dari dalam mau pun luar negeri.

Rongrongan tersebut dimungkinkan karena kelengahan, atau kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap berbagai bentuk upaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

“Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan. Kita harus bersatu sebagai bangsa untuk mencegah upaya-upaya yang dapat merongrong prinsip-prinsip dasar ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Peringatan Kesaktian Pancasila mulai tahun 1966.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga dilaksanakan untuk mengenang Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs