Kamis, 2 Mei 2024

Komisi VIII DPR Dorong Kemensos Realisasikan BLT untuk Masyarakat Terdampak El Nino

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ashabul Kahfi Anggota Komisi IX DPR RI. Foto: Humas DPR RI

Ashabul Kahfi Ketua Komisi VIII DPR RI meminta realisasi anggaran Kementerian Sosial RI Tahun Anggaran 2023 sebanyak Rp62 triliun bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang terdampak EI Nino.

Legislator dari Fraksi PAN tersebut mendorong bantuan langsung tunai (BLT) untuk korban El Nino disalurkan melalui PT. Pos Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Kahfi, Selasa (7/11/2023), dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Sosial dengan agenda Evaluasi Program dan Anggaran Kemensos Tahun 2023, Rencana Program dan Anggaran Kemensos Tahun 2024 dan Isu Isu Aktual, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

“Kami juga meminta Mensos menindaklanjuti pandangan Anggota serta Pimpinan Komisi VIII DPR dan sepakat untuk melakukan pendalaman terhadap program dan anggaran Kemensos tahun 2024 dalam forum diskusi kelompok terarah yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal 8 november 2023,” ucapnya.

Sementara itu, Tri Rismaharini Menteri Sosial mengatakan, Kemensos berencana mencairkan BLT kepada masyarakat yang terdampak El Nino akhir tahun 2023.

Risma menyampaikan, nantinya setiap keluarga penerima manfaat akan mendapat uang tunai senilai Rp200 ribu.

Mantan Wali Kota Surabaya itu menambahkan, sekarang ada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdata. Anggaran yang dibutuhkan untuk penyaluran BLT senilai Rp7,52 triliun.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
28o
Kurs