Minggu, 28 April 2024

Kurangi Polusi Udara, Pelindo Reg 3 Ajak Pegawainya Ikuti Program Bike to Work

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ardhy Wahyu Basuki Regional Head 3 Pelindo (kaos kuning) ketika mengikuti program Bike To Work Pelindo. Foto: Pelindo

Polusi udara akibat bahan bakar transportasi berpotensi muncul di berbagai kota besar tak terkecuali Surabaya. Mengantisipasi hal tersebut Pelindo Regional 3 memiliki upaya untuk mengurangi dampak polusi udara di lingkungan sekitar, salah satunya dengan kampanye program Bike to Work.

Tak hanya mendorong gaya hidup sehat, program  ini bertujuan untuk mengajak para pegawai mengurangi polusi udara dengan beralih menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi harian mereka.

Ardhy Wahyu Basuki Regional Head 3 Pelindo mengatakan, kegiatan ini bermula dari kebiasan beberapa pegawai di lingkungan Pelindo yang memulai aktivitas kerja dengan bersepeda menuju kantor.

Kebiasaan itu akhirnya diikuti oleh sejumlah pegawai lainnya dan dilakukan rutin setiap pekan sekali pada hari Rabu.

Puluhan pegawai Pelindo mengikuti jadwal rutin Bike To Work setiap Rabu pagi. Foto: Pelindo

Diperkirakan jumlah peserta Bike To Work Pelindo setiap pekannya terus bertambah. Ardhy memprediksi ada lebih dari 100 pegawai yang rutin mengikuti program ini mulai dari kalangan staff hingga struktural. Bahkan tak jarang diikuti oleh stakeholder utama perusahaan seperti asosiasi, Kepolisian, dan KSOP.

“Dengan menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi minimal satu pekan sekali nanun rutin, harapan kami nantinya tidak hanya mengurangi polusi udara, tetapi juga meningkatkan kesehatan individu serta memitigasi kemacetan lalu lintas di kota,” ujar Ardhy dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (23/8/2023).

Rute Bike To Work sering berganti setiap pekannya, tergantung perusahaan yang akan menjadi tuan rumah kegiatan tersebut. Kegiatan dilakukan bersama-sama sejak pukul 06.00 wib – 07.00 WIB, dengan jarak tempuh bersepeda minimal 15 Km.

Wilis Aji salah satu perwakilan komunitas Bike To Work Pelindo sendiri mengaku, program ini sangat bermanfaat tidak hanya menambah kebugaran namun juga memperkuat silaturahmi antar pegawai Pelindo Regional 3 Group.

“Kami sadar jika rutinitas kami sebagai pekerja cukup padat setiap pekannya, program seperti ini sangat membantu para pegawai untuk tetap bisa menjaga kebugarannya diantara aktivitas yang cukup padat,” jelas Wilis

Sebagai informasi, Bike to Work Pelindo sendiri awal pertama di resmikan oleh perusahaan di tahun 2016 lalu. Pelindo Reg 3 mengajak semua pegawai dan warga atau stakeholder untuk berpartisipasi aktif dalam kampanye Bike to Work ini. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs