Jumat, 29 Maret 2024

Longsor Tutup Akses Jalan Menuju Objek Wisata Telaga Ngebel Ponorogo

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Foto udara kondisi jalan yang putus tertimbun longsor di jalur selingkar Telaga Ngebel, Ponorogo, Minggu (26/3/2023) Foto: SDP

Akses jalan menuju objek wisata Telaga Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, putus total akibat longsor saat turun hujan deras di wilayah tersebut.

Henry Indrawardana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo, di Ponorogo, Minggu (26/3/2023), mengatakan akses menuju objek wisata Telaga Ngebel saat ini ditutup sementara sampai normalisasi berhasil dilakukan.

“Akses jalannya memang tidak memungkinkan dilewati karena tertutup material longsor,” kata Henry seperti dilaporkan Antara.

Akses utama menuju salah satu objek wisata unggulan itu ada di jalur Dolopo Madiun arah Ngebel Ponorogo.

Material tanah yang longsor menutup jalan mencapai ketebalan satu meter lebih dan memanjang, sehingga proses normalisasi memakan waktu cukup lama.

Hal serupa terjadi di jalan selingkar Telaga Ngebel. Selain tertutup material tanah, ada pohon karet berukuran besar yang ikut tumbang melintang di badan jalan sehingga petugas harus memotong batang pohon sebelum menggerakkan alat berat menyingkirkan tanah longsor.

Selain dua titik longsor di jalur wisata Telaga Ngebel, longsor juga terjadi di Desa Pupus dan Desa Gondowido, Kecamatan Ngebel.

Di Desa Pupus longsor mengancam satu rumah warga, sedangkan di Gondowido hanya menutup sebagian jalan.

“Memang semua disebabkan karena hujan deras, ditambah kondisi tanah yang sudah labil,” katanya.

Demi meminimalkan risiko korban jiwa maupun harta benda, Henry mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terutama bagi mereka yang berada di daerah rawan longsor atau di bawah tebing.

Jika hujan deras terjadi agar mencari perlindungan ke tempat yang lebih aman.

“Kewaspadaan harus ditingkatkan, daerah yang rawan longsor, dan rumah yang lokasinya terlalu curam, agar waspada dan pindah sebentar pada waktu hujan deras dan mencari tempat yang aman,” katanya.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs