Minggu, 28 April 2024

Malaysia Imbau Warga Gunakan Masker saat di Masjid dan Surau

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi: Seorang pria mengenakan masker wajah pelindung Covid-19 berdiri di depan papan listrik yang menunjukkan Nikkei (atas di C) dan indeks saham negara lain di luar broker di distrik bisnis di Tokyo, Jepang. Foto: Reuters

Malaysia kembali menganjurkan penggunaan masker di masjid dan surau untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di negara tersebut.

Melansir Antara, Mohd Naim Haji Mochtar Menteri di Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama) pada Minggu ( 17/12/2023) menyerukan seluruh pengelola surau dan masjid di negara itu menitikberatkan lagi pada prosedur operasi standar (SOP) Covid-19.

Ia meminta para jemaah masjid dan surau disarankan menjalankan langkah-langkah pencegahan penularan Covid-19 dengan memakai masker, khususnya bagi yang bergejala dan berisiko tinggi seperti lansia.

Pemerintah setempat mengambil langkah proaktif dalam ruang lingkup bidang agama untuk menghadapi lonjakan Covid-19. Hal ini untuk memastikan tempat-tempat seperti masjid dan surau yang menjadi tempat yang mudah terjadi penularan wabah, dapat dilakukan tindakan pencegahan sejak awal.

Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) menyebut terdapat peningkatan kasus Covid-19 di mana peningkatan di negara itu sejalan dengan tren yang terjadi setiap akhir tahun seperti yang dilaporkan di negara lain.

Mayoritas pasien Covid-19 di Malaysia mengalami gejala ringan dan tidak memerlukan perawatan di rumah sakit. Varian yang masih menular di Malaysia adalah Omicron dengan subvarian XBB.1.16, XBB.1.5 dan EG.5.

Varian itu, meski diketahui memiliki tingkat penularan yang tinggi, namun tidak menyebabkan kasus yang parah. (ant/and/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs