Kamis, 25 April 2024

Menaker: Pemerintah Serius Meningkatkan Kompetensi TKM Supaya Mampu Bersaing

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan dalam gelaran Festival Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Tahun 2023, di Lapangan Banteng Jakarta, Sabtu (11/3/2023). Foto: Antara/ Kemnaker

Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) menyatakan, Pemerintah terus memfasilitasi peningkatan kompetensi para Tenaga Kerja Mandiri (TKM) supaya memiliki daya juang tangguh, berdaya saing serta mampu menjadi penyedia lapangan kerja secara berkelanjutan.

“Kamj semua diharapkan mampu menciptakan ekosistem kewirausahaan yang baik. Itu tanggung jawab yang membutuhkan keterlibatan semua pihak, dan yakinlah kontribusi kecil kami ini akan memberikan dampak luar biasa bagi pengembangan TKM,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Antara, Minggu (12/3/2023).

Pada acara Festival TKM Tahun 2023 di Lapangan Banteng Jakarta, Sabtu (11/3/2023) kemarin, Menaker mengemukakan pihaknya terus melakukan dialog sosial dengan pengusaha aupaya ketersediaan lowongan kerja di sektor formal tetap stabil dan inklusif.

Sedangkan di sektor informal, lanjut dia, Kemnaker sudah melakukan berbagai langkah dalam bentuk stimulan pemberian bantuan usaha, salah satunya buat kelompok Tenaga Kerja Mandiri (TKM), termasuk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM).

“Saya tidak memungkiri sektor UMKM bukan hanya sektor penahan perekonomian nasional, justru menjadi pilar penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia melewati krisis,” tuturnya.

Dalam Festival TKM dengan tema Perempuan Mandiri untuk Peradaban Indonesia, Menaker berharap dukungan semua pihak untuk program TKM, agar menciptakan wirausaha yang dapat menyerap tenaga kerja secara masif, produktif dan berkelanjutan.

“Kita semua memiliki peran penting dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia melalui penciptaan usaha yang memberikan kontribusi ekonomi bagi diri sendiri, masyarakat, bahkan skala nasional,” pungkasnya.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs