Sabtu, 4 Mei 2024

MUI Apresiasi Sikap Pemerintah RI atas Konflik di Gaza

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kapal TNI Angkatan Laut (AL) jenis KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat mengangkut seluruh bantuan kemanusiaan dari Jawa Timur untuk Gaza Palestina, Surabaya, Selasa (28/11/2023). Kapal berangkat dari Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya. Foto: Risky suarasurabaya.net Kapal TNI Angkatan Laut (AL) jenis KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat mengangkut seluruh bantuan kemanusiaan dari Jawa Timur untuk Gaza Palestina, Surabaya, Selasa (28/11/2023). Kapal berangkat dari Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya. Foto: Risky suarasurabaya.net

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengapresiasi sikap Pemerintah Indonesia yang tetap berada pada pendiriannya untuk mendukung Palestina dalam menghadapi konflik di Gaza.

“Saya mengapresiasi pemerintah, dalam hal ini Menteri Luar Negeri, yang sudah menyatakan sikap tegas terhadap apa yang dilakukan Israel terhadap Palestina,” kata Anwar Abbas Wakil Ketua Umum MUI dilansir Antara pada Kamis (30/11/2023).

Anwar juga mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Joko Widodo Presiden dalam upayanya melakukan sejumlah lawatan ke luar negeri termasuk Amerika Serikat yang selama ini diketahui berada di pihak Israel.

“Saya rasa Jokowi berkunjung ke Amerika tak masalah ya, yang penting Pak Jokowi jangan sampai terpengaruh oleh Amerika Serikat, karena memang sudah jelas di konstitusi kita bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan,” ucapnya.

“Saya yakin Pak Jokowi menaati konstitusi yang ada, karena beliau seorang presiden,” tambahnya.

Hal senada juga diutarakan Muhammad Cholil Nafis Ketua MUI bidang Dakwah dan Ukhuwah. Ia turut mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemerintah RI dengan mencari dukungan internasional untuk mendukung Palestina.

“Oleh karena itu kami bantu dari gerakan civil society, seperti suara-suara kita melalui gerakan massa di beberapa tempat di Indonesia, sehingga menjadi bahan diplomasi pemerintah kita kepada luar (negeri) termasuk kepada yang bersangkutan dengan Israel,” ujarnya.

Cholil menilai seluruh elemen masyarakat Indonesia mulai dari konstitusi, pemerintah, hingga masyarakatnya memiliki tujuan yang sama, yakni membela dan mendukung kemerdekaan Palestina. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
25o
Kurs