Sabtu, 27 Juli 2024

Pemprov Jatim Siagakan 368 Nakes dan 8 Rumah Sakit Rujukan untuk Sukseskan Piala Dunia U-17 2023

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Bench pemain di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya yang akan digunakan di Piala Dunia U-17 2023, Minggu (29/10/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menyiagakan 368 tenaga kesehatan (nakes) dan delapan rumah sakit rujukan sebagai langkah preventif untuk menyukseskan gelar Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengatakan, pihaknya menyiagakan seluruh nakes selama 24 jam dan seluruh fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) di sekitar venue.

Tim Nakes yang dikoordinir oleh Dinkes Jatim ini berasal dari Dinkes Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo.

Anggota tim ini akan bertugas di beberapa titik yaitu di venue latihan, venue pertandingan matchday, hingga venue non matchday serta lokasi hotel penginapan tim tamu.

“Kami siagakan 24 jam penuh. Persiapan terkait pelayanan kesehatan ini telah kami mulai sejak 27 Oktober,” ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi pada Senin (6/11/2023).

Khofifah mengatakan, rumah sakit yang ditunjuk telah berkomitmen untuk memenuhi spesifikasi dan permintaan dari FIFA melalui PSSI. Selain itu ia juga telah menyampaikan surat kepada setiap Rumah Sakit terkait penyiagaan nakes dan fasyankes.

Delapan RS rujukan yang ditunjuk Pemprov Jatim antara lain, RSUD Dr. Soetomo, RSUD BDH Surabaya, RS Mitra Keluarga Satelit Surabaya, RS National Hospital, RS PHC Surabaya, RS Semen Gresik, RS Mayapada Surabaya, serta RS Premiere.

“Setiap rumah sakit disiagakan penuh ruangan IGD, rawat jalan, rawat inap yang dikhususkan untuk atlet, official, referee, delegasi FIFA dan VVIP,” ujarnya.

“Kami telah menunjuk PIC untuk masing-masing RS selama penyelenggaraan. Sementara, pembiayaan atlet, official dan referee ditanggung oleh asuransi secara cashless maupun reimburse,” imbuhnya.

Dukungan kesehatan yang disiagakan meliputi penyediaan layanan kesehatan oleh tim medis yang terdiri dari satu dokter, dua perawat, satu driver dan satu mobil ambulans. Serta penyediaan layanan medis untuk atlet di venue kompetisi, venue latihan, dan di venue non-kompetisi.

“Selain itu, dukungan ini juga berupa adanya jaringan rumah sakit rujukan yang dibentuk untuk melaksanakan layanan pada kegawatdaruratan medis, dan layanan rujukan kasus gawat darurat,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Tim Piala Dunia U-17 yang akan bertanding di Surabaya adalah Timnas Indonesia, Panama, Ecuador, Maroko, Mali, dan Canada serta hasil tim negara yang akan lolos di babak 16 besar.

Pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan berlangsung pada tanggal 10, 13, 16 November 2023 pada babak penyisihan grup dan 21 November 2023 pada babak 16 besar.

“Semoga dengan kesiapan dan menyiagakan seluruh Tim Kesehatan seluruh rangkaian FIFA World Cup berjalan lancar dan selamat hingga akhir kegiatan dan membawa harum nama Indonesia di persepak bolaan dunia,” tandas Khofifah. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 27 Juli 2024
26o
Kurs