Jumat, 19 April 2024

Penguatan Infrastruktur ICT Penting untuk Percepat Transformasi Digital Perguruan Tinggi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Sekitar 50 Perguruan Tinggi di Wilayah Timur Indonesia berkolaborasi dengan layanan telekomunikasi untuk mempercepat pemerataan transformasi digital di sektor pendidikan. Foto: Indosat

Untuk mempercepat pemerataan transformasi digital di sektor pendidikan, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berkolaborasi dengan sekitar 50 Perguruan Tinggi di wilayah timur Indonesia.

Muhammad Danny Buldansyah Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, sinergi itu untuk menghadirkan solusi Information and Communication Technology (ICT) serta layanan digital yang komprehensif.

“Teknologi informasi saat ini telah menjadi kebutuhan primer dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Kami berkomitmen untuk mempercepat transformasi digital di lingkungan Perguruan Tinggi dengan berlandaskan delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” ucapnya pada Rabu (25/10/2023).

Ia mengatakan, pihaknya mendukung berbagai aspek dalam pendidikan, mulai dari konektivitas untuk mahasiswa dan kampus, media pembelajaran online atau hybrid, perangkat pembelajaran, infrastruktur IT kampus, hingga peningkatan pengetahuan dengan pelatihan data analytics.

Dengan solusi itu, pihaknya berupaya membantu institusi pendidikan merencanakan dan mengimplementasikan perjalanan transformasi digital.

Salah satu contoh kolaborasi yang sudah terlaksana yakni dengan Universitas Halu Oleo di Kendari, Sulawesi Tenggara. Pihaknya menyediakan paket langganan konektivitas serta infrastruktur digital di kampus untuk mendukung perguruan tinggi.

Selain itu, juga ada bersama Universitas Brawijaya Malang yang mengembangkan pendidikan berbasis teknologi informasi, menyediakan layanan connectivity, IT Services, dan Google Workspace.

Kemudian, bersama Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) yang mengadakan bundling perangkat tablet untuk pembelajaran hybrid di kampus.

“Kami berharap tidak hanya mendorong kemajuan sektor pendidikan, namun juga sejumlah sektor seperti pemerintahan, pertambangan, minyak dan gas, keuangan, hingga media. Semoga bisa mempercepat digitalisasi dan turut berkontribusi memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs