Jumat, 3 Mei 2024

Peringati Hari Anak Nasional, YKAI Jatim Lahirkan Generasi Cerdas

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Seorang dokter memeriksa telinga anak dalam layanan kesehatan yang diberikan YKAI Jatim untuk memperingati Hari Anak Nasional di Grand City, Surabaya, Minggu (30/7/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Dalam peringatan Hari Anak Nasional 2023, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) Provinsi Jawa Timur (Jatim) ingin lahirkan generasi yang cerdas dan sehat.

Kontribusi itu disalurkan melalui kegiatan yang berlangsung di Grand City, Surabaya dengan menghadirkan sejumlah layanan kesehatan dan talkshow seputar pola asuh terhadap anak.

Satiti Kuntari Ketua Umum YKAI Jatim mengatakan, sejumlah layanan konsultasi yang dihadirkan ini merupakan bentuk kepedulian pihaknya terhadap tumbuh kembang anak.

Sejumlah layanan itu antara lain, pemeriksaan gigi dan mulut anak, kemudian pembersihan telinga anak, layanan konsultasi tumbuh kembang anak, dan cara mengatasi anak yang mendapatkan kekerasan.

“Tahun anak itu jadi baik kira-kira 10 sampai 20 tahun lagi, mereka jadi pemimpin besok. Kalau tidak memikirkan mulai sekarang ya kacau,” kata Satiti Kuntari pada Minggu (30/7/2023).

Kegiatan ini diikuti ratusan anak dari berbagai sekolah. Menurut Satiti, layanan kesehatan yang dihadirkan ini menjadi bagian YKAI untuk mendukung pemerintah untuk menciptakan generasi yang sehat dan cerdas.

“Alangkah baiknya anak-anak yang kita datangkan ini memperoleh konsultasi gratis, ada gigi anak, ada pemeriksaan mata, psikiater, dan konsultasi tumbuh kembang anak,” kata Satiti.

Dalam acara ini, YKAI memiliki tema khusus, yaitu Stop Kekerasan Pada Anak. Menurutnya, fenomena kekerasan anak ini perlu menjadi perhatian, terutama kekerasan anak dalam bentuk digital.

“Itu begitu tinggi, makanya kami juga menyediakan layanan konsultasi bagaimana cara mengatasi anak yang mengalami kekerasan,” tuturnya.

Selain itu dalam rangkaian kegiatan ini, YKAI Jatim juga menggandeng BKKBN Jatim untuk memberikan talkshow seputar pola asuh anak dan mengatasi dampak kekerasan pada anak.

Satiti bilang semua orang memiliki tanggung jawab untuk menciptakan sebuah generasi. Oleh sebab itu lewat kegiatan ini, dia berharap bisa berkontribusi melahrikan generasi yang sehat dan cerdas. (wld/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs