Sabtu, 11 Mei 2024

Presiden Instruksikan Jajarannya Fokus Mempersiapkan Mudik Lebaran

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan keterangan uaai memantau harga kebutuhan masyarakat di Pasar Rakyat Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4/2023). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden memerintahkan kepala daerah yang wilayahnya jadi tujuan pemudik pada momen Lebaran Idulfitri tahun ini melakukan berbagai persiapan.

Menurut Kepala Negara, mudik Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah butuh perhatian dan persiapan ekstra. Karena, jumlah pemudik diprediksi lebih banyak ketimbang tahun lalu.

Dalam keterangannya, siang hari ini, Senin (10/4/2023), di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Presiden secara khusus menekankan kepada Gubernur Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Utamanya daerah-daerah yang jadi tujuan mudik. Pak Gubernur Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Ibu Gubernur Jawa Timur semuanya harus bersiap-siap menjelang mudik karena kurang lebih 123 juta orang yang bersama-sama mudik. Tahun lalu cuma sekitar 86 juta orang,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan para bupati, wali kota, Menteri Perhubungan, Kapolri, dan Menteri BUMN melakukan persiapan sebaik-baiknya untuk melayani masyarakat yang melaksanakan mudik.

Berdasarkan hasil survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik Lebaran Idulfitri tahun ini diprediksi mencapai 123 juta orang.

Jumlah tersebut naik sekitar 47 persen secara nasional dibandingkan Lebaran Idulfitri tahun lalu yang tercatat sebanyak 86 juta orang.

Sebelumnya, Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan menyebut ada sejumlah faktor yang menyebabkan tingginya potensi pergerakan masyarakat pada masa mudik Lebaran Idulfitri tahun ini.

Antara lain, karena tidak ada lagi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), dan Indonesia memasuki masa transisi wabah Covid-19 dari pandemi menjadi endemi.

Faktor lainnya, perekonomian nasional semakin membaik, dan persepsi positif masyarakat pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022.(rid/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
30o
Kurs