Kamis, 25 Juli 2024

PT Pos Angkat Cerita Rakyat Papua dalam Prangko Seri Gerhana Matahari

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Prangko seri Gerhana Matahari Total yang berisi cerita rakyat Papua dikeluarkan PT Pos Indonesia, Kamis (20/4/2023). Foto: PT Pos Indonesia

PT Pos Indonesia (Persero) mengangkat cerita rakyat Papua dalam prangko seri gerhana matahari yang diterbitkan Kamis (20/4/2023) hari ini.

“Untuk mengabadikan momen gerhana matahari, PT Pos Indonesia menerbitkan prangko seri gerhana matahari (GMT) 2023 yang mengangkat cerita rakyat dari Papua,” kata Sri Emelda Manajer Layanan dan Pemasaran Kantor Filateli dilansir dari Antara, Kamis (20/4/2023).

Prangko seri GMT yang diterbitkan PT Pos Indonesia diantaranya Souvenir Sheet (SS), Full Sheet (FS), dan Sampul Hari Pertama (SHP).

Cerita rakyat Papua yang diangkat dalam prangko seri terbaru ini adalah “Memecah Matahari”, yang merupakan representasi lintasan peristiwa gerhana matahari total tahun 2023 meliputi wilayah Indonesia bagian Timur, khususnya wilayah Papua.

Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI, gerhana matahari total akan terjadi di wilayah timur Indonesia yakni Kepulauan Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Gerhana matahari total diperkirakan akan terjadi pada 13.20-13.54 WIT pada wilayah tersebut.

Adapun wilayah pulau Kisar, pulau Karas, Roswar, Batu Merah dan Biak adalah daerah yang akan mengalami gerhana matahari secara total.

Cerita “Memecah Matahari” dari Papua merupakan salah satu catatan dan cerita turun temurun dalam budaya masyarakat yang terkait dengan astronomi.

Cerita-cerita dari langit yang memberi interpretasi tersendiri terhadap obyek yang ada di langit oleh masyarakat berabad lampau merupakan khazanah kekayaan budaya di Indonesia.

Kisah “Memecah Matahari” dari Papua bercerita tentang perjuangan seorang pemuda pemberani Bernama Rangi yang hidup di selatan kaki Pegunungan Jayawijaya, sebuah desa kecil yang diselimuti kegelapan.

Rangi mencoba menyelamatkan desanya dari kegelapan dengan segala daya upaya. Kerja kerasnya pun membuahkan hasil, Rangi berhasil mendapatkan dua lembing sakti.

Rangi dengan berani melontarkan dua lembing sakti tersebut untuk memecah kegelapan yang menutupi matahari. Keberanian Rangi ini pun berhasil memecah matahari dari kegelapan menuju cahaya yang terang. Kegelapan pun sirna, kini desa Rangi menjadi terang dan penuh dengan cahaya matahari.

Untuk itu, bagi sahabat pos yang berminat membeli prangko seri gerhana matahari ini, bisa mendapatkan prangkonya di situs web Filateli.co.id, dan dapat diperoleh juga di kantor pos seluruh Indonesia. (ant/ihz/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs