Minggu, 5 Mei 2024

Ratusan Pelajar SD dan SMP di Surabaya Warnai HUT KBS Lewat Tari Sawunggaling

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sejumlah peserta Tari Greget Sawunggaling saat menyuguhkan penampilannya di Plaza KBS Surabaya, Minggu (20/8/2023). Foto: Frans magang suarasurabaya.net

Sebanyak 318 pelajar dari perwakilan SD hingga SMP di Surabaya berkolaborasi menampilkan Tari Greget Sawunggaling pada persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) Kebun Binatang Surabaya (KBS), Minggu (20/8/2023).

Lintang Ratri Sunarwidhi Kasi Humas KBS mengatakan, penampilan tarian itu selain dalam rangka memperingati hari berdirinya KBS yang ke 107 tahun, sekaligus sebagai bentuk memeriahkan momen kemerdekaan Indonesia.

“Total 318 penari dari seluruh sekolah SD, SMP dan sanggar di kota Surabaya. Jumlah itu diambil berdasarkan tanggal dan bulan kelahiran KBS pada (31/8/1916),” ujarnya kepada suarasurabaya.net di area Plaza KBS, Minggu (20/8/2023).

Keikutsertaan para pelajar dari SD hingga SMP di Surabaya, tambah Lintang, merupakan bentuk kerja sama pihak KBS dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) dan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudparpora) Kota Surabaya.

Seluruh peserta Tari Greget Sawunggaling saat sesi foto bersama di Plaza KBS Surabaya, Minggu (20/8/2023). Foto: Frans magang suarasurabaya.net

Untuk diketahui, Tari Greget Sawunggaling merupakan salah satu ikon kesenian khas Kota Surabaya setelah Tari Remo. Tari tersebut merupakan bentuk visualisasi tokoh pahlawan dari Surabaya yaitu Sawunggaling. Sebelumnya, KBS juga menyuguhkan pertunjukan Tari Remo di hari jadinya pada tahun lalu, 2022.

Lintang juga berharap, dengan diselenggarakannya flashmob Tari Greget Sawunggaling, sekaligus dapat mengenalkan kebudayaan Surabaya ke generasi penerus bangsa.

“Harapannya kita bisa terus melestarikan kebudayaan kota Surabaya yang sudah mulai pudar. Supaya anak-anak muda itu masih tetap semangat untuk melestarikan budaya kita, terutama budaya surabaya,” pungkas Lintang. (fra/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs