Senin, 29 April 2024

Rencana Pembangunan Terowongan Terminal Joyoboyo-Kebun Binatang Surabaya Tuntas Tahun Ini

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Akses menuju Terminal Joyoboyo, Surabaya. Foto: Suara Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menarget, rencana pembangunan terowongan penghubung Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dengan Kebun Binatang Surabaya (KBS) tuntas pada tahun 2023.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, TIJ bisa jadi alternatif parkir wisatawan KBS. Fungsi terowongan, mencegah kemacetan jalan raya imbas penyeberangan para pengunjung dari parkiran ke lokasi wisata.

“Progresnya sudah berjalan. Bisa dilihat di teman-teman udah ada teknis dan pendampingan pelaksanaannya dan ada jangka waktu pelelangan. Tapi yang pasti, saya ingin semua terkoneksi. Parkir KBS itu semua ada di TIJ. Jadi menyeberang dari TIJ ke KBS gak buat macet, tapi lewat bawah (terowongan),” beber Eri, Selasa (13/6/2023).

Rencana yang sudah digaungkan sejak 2020 lalu itu, lanjut Eri, ditarget selesai tahun ini.

“Coba dicek pelelangan udah berjalan belum. (Target) selesai tahun ini,” tambahnya.

Tak hanya penyambung akses TIJ menuju KBS, terowongan bawah tanah itu nantinya akan dijadikan salah satu pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menggerakkan ekonomi.

“Insya Allah, setelah (pembangunan) itu selesai, ada kegiatan setiap Sabtu dan Minggu malam. Sehingga kita hidup lah. Untuk kemaslahatan umat dibidang ekonominya,” tandasnya.

Terpisah, Tundjung Iswandaru Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyebut, sampai saat ini proyek itu masih tahap lelang manajemen konstruksi.

“Diupayakan selesai tahun ini pengerjaannya. Masih dihitung lagi harinya cukup apa tidak,” katanya.

Gambaran sementara, pembangunan terowongan sepanjang 150 meter itu rencananya memakan biaya Rp25 miliar.

“Tapi dihitung dulu, jangan sampai kurang, karena banyak pengerjaan utilitas, cukup gak waktunya,” tandasnya. (lta/fra/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs