Senin, 29 April 2024

Ribuan Pemuda Berprestasi di Surabaya Dijadikan Leader 2045 untuk Percontohan Tiap Kampung

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Sebanyak 100 calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menjalani pra pelatihan untuk persiapan upacara HUT ke-78 RI di halaman Balai Kota Surabaya, Jumat (21/7/2023). Foto: Antara

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal membentuk Leader 2045 yang berisi ribuan pemuda berprestasi jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Rencananya pada 23 September 2023 nanti, ribuan pemuda terdiri dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Karang Taruna, Duta Genre, Forum Anak Surabaya (FAS) dikumpulkan. Mereka disiapkan jadi calon penerus bangsa dan Generasi Emas 2045.

Leader 2045 menurutnya untuk mencegah kenakalam remaja agar tidak berdampak terhadap gagalnya penerus bangsa di 2045 mendatang.

“Nanti Duta Karang Taruna itu dikumpulkan bersama Paskibraka lulusan dari tahun 2019-2023. Nanti tak (saya) kumpulkan, dikasih kaos yang tulisannya ‘Leader 2045’,” kata Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya pada Kamis (14/9/2023).

Eri mendorong pemuda-pemudi di Kota Surabaya tidak hanya pintar akademis, tapi juga giat mengikuti pembelajaran non akademis melalui organisasi.

“Anak di Surabaya ini pintar-pintar, tapi jiwanya kurang garang, padahal ini Kota Pahlawan. Pintar tetap harus, tapi jiwa kepahlawanan dan nasionalismenya juga harus tinggi,” harapnya.

Meneruskan instruksi Wali Kota, Maria Theresia Ekawati Rahayu Kepala Bakesbangpol Kota Surabaya mengatakan, perkumpulan anak muda dari lintas organisasi itu diharapkan terjalin interaksi dan partisipaai membangun Kota Surabaya.

“Misalnya, mereka yang tergabung dalam organisasi pelajar, paskibraka, kemudian karang taruna, sehingga mereka bisa mengenal satu dengan yang lain. Dan mereka bisa berinteraksi hingga akhirnya bisa mewujudkan cita-cita serta berpartisipasi dalam pembangunan di Kota Surabaya,” kata Maria.

Nantinya, usai dikumpulkan dalam pertemuan pekan depan, para pemuda-pemudi terpilih itu akan dinobatkan menjadi duta di kampungnya masing-masing.

Tujuannya, menjadikan mereka sebagai teladan dan contoh yang baik bagi masyarakat. Mulai dari duta pencegahan anti narkoba hingga duta pencegahan kenakalan remaja.

“Harapannya, setelah itu mereka akan menjadi pemuda yang kreatif, menghasilkan ide-ide dan inovasi cemerlang. Baik itu inovasi di bidang sains, atau membawa manfaat bagi di lingkungannya masing-masing dan Kota Surabaya. Kami akan kumpulkan mereka, sembari melihat jumlahnya, bisa jadi di Gelora Pancasila atau Gelora 10 Nopember,” tandasnya. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs