Selasa, 21 Mei 2024

Satu Penyintas Perang Sudan Asal Jatim Dirawat di RSU Haji Surabaya

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat bertemu Supartin (51) warga Madiun yang dirawat di RSU Asrama Haji Surabaya, Minggu (30/4/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sebanyak 21 penyintas perang Sudan asal Jawa Timur (Jatim) sudah tiba di Asrama Haji Surabaya, Minggu (30/4/2023) hari ini.

Namun, satu orang bernama Supartin (51), warga Madiun, diharuskan mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya, karena mengalami cedera pada bagian rahangnya saat proses evakuasi.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim memastikan bahwa kesehatan para penyintas Sudan menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, termasuk ibu Supartin.

Nantinya, seluruh biaya kesehatan menjadi tanggung jawab dari Pemprov, sehingga para penyintas yang merasa kurang sehat tidak perlu mengeluarkan biaya selama proses perawatan berlangsung di RS milik Pemprov Jatim.

“Kami memiliki RSU Haji Surabaya yang bersebelahan dengan Asrama Haji. Kalau yang berasal dari Madiun, kami juga memiliki RS Pemprov yakni RSUD Soedono Madiun,” kata Khofifah di Asrama Haji Surabaya, Sabtu (30/4/2023).

Gubernur Jatim itu juga mempersilahkan jika Supartin ingin mendapat perawatan yang dekat dari rumahnya di RSUD Soedono Madiun. “Beliau bisa di rumah sakit terdekat, karena asal Madiun, kebetulan ada rumah sakit pemprov di Madiun,” imbuh Khofifah.

Nantinya, para penyintas, akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten/Kota di Jatim meliputi Banyuwangi, Bondowoso, Gresik, Jember, Lamongan, Lumajang, Madiun, Malang, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo dan Surabaya.

Khofifah menegaskan, bahwa Pemprov Jatim akan memfasilitasi penjemputan warganya yang dievakuasi dari Sudan untuk diantar ke daerah asalnya.

Lebih lanjut, Khofifah meminta Adhy Karyono Sekdaprov Jatim untuk mengkoordinasikan seluruh pergerakan pesawat dalam penerbangan, khususnya dari Jeddah, Arab Saudi menuju Jakarta.

“Jika seluruh proses selesai maka kemudian kami dari Pemprov Jatim akan memberikan pelayanan terbaik bagi para saudara-saudara kita dari Sudan,” ujarnya.

Sementara itu Adhy Karyono sendiri menyampaikan bahwa hari ini akan tiba 363 warga negarar indonesia penyintas Sudan, dengan 31 di antaranya berasal dari Jatim.

“Kloter kedua ini akan lebih dulu didata di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur,” tutur Adhy Karyono.

Sekdaprov Jatim itu mengatakan, pihak pemprov akan menyiapkan kendaraan untuk para penyintas Sudan apabil sudah sampai di Surabaya namun belum ada keluarga yang menjemput.

“Intinya kita memberikan pelayanan terbaik bagi saudara kita dari Sudan. Kita akan mengantar sampai rumah masing masing dalam keadaan nyaman dan sehat,” tuturnya. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
28o
Kurs