Sabtu, 27 April 2024

Sepuluh RT di RW 5 Kelurahan Jepara Kompak Bersihkan Saluran Air dan Sampah

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Warga membuang sampah hasil kerja bakti di satu titik pembuangan, Minggu (5/3/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Ratusan warga mulai dari RT 1-10 RW 5 Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, Surabaya, sudah berkumpul di sejumlah titk pada pukul 06.00 pagi, Minggu (5/3/2023), untuk melakukan kerja bakti.

Kerja bakti difokuskan untuk membersihkan saluran air, perantingan, dan sampah rumah tangga. Kekompakan kerja bakti warga itu disaksikan langsung oleh Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya yang berada di lokasi.

Eri mengatakan kalau kegiatan kerja bakti merupakan kontribusi masyarakat dalam membangun dan menjaga Kota Surabaya. Hasilnya, pekan kemarin Surabaya meraih Piala Adipura Kencana 2022.

“Jadi, yang menjaga Kota Surabaya bukan hanya saya, tapi masyarakat juga. Saya terima kasih dengan seluruh warga yang ikut Surabaya Bergerak,” kata Eri di sela-sela kerja bakti.

Sementara itu, Setiyono Wibowo Ketua RW 5 Kelurahan Jepara mengatakan kalau warga sangat antusias mengikuti Surabaya Bergerak.

Menurutnya, dalam kerja bakti yang digelar secara serempak bersama sepuluh RT, mereka bisa mengumpulkan sampah endapan sedimen saluran air sebanyak tiga truk.

“Kalau untuk RW 5 kami agendakan (kerja bakti) tiap tahun dua kali. Sedangkan di masing-masing RT setiap satu atau dua minggu mereka kerja bakti sendiri-sendiri,” katanya.

Dia menuturkan, lewat agenda kerja bakti rutin di kawasannya bisa mengurangi genangan mau pun banjir kalau terjadi hujan dengan intensitas tinggi. “Genangan masih ada, tapi mulai berkurang,” imbuhnya.

Kemudian, untuk mengajak warga, Setiyono bilang ada pertemuan berkala setiap RT yang melibatkan warga.

Dalam pertemuan itu, mereka membahas berbagai macam agenda positif untuk mengisi kegiatan di kampung tersebut. Termasuk kegiatan kerja bakti Surabaya Bergerak.

“Semua kami libatkan, termasuk anak muda dan anak kecil. Karena karang taruna juga aktif di sini,” pungkasnya.(wld/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs