Minggu, 16 Juni 2024

Stikosa-AWS Ajak Anak Muda Ikuti Lomba Foto Jurnalistik Pemilu 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
(Kiri ke kanan) Mamuk Ismuntoro pemateri seminar dan Rizky Wulandari modderator acara di Ruang Multimedia Stikosa-AWS, Jumat (16/12/2023). Foto: DMPR Stikosa-AWS (Kiri ke kanan) Mamuk Ismuntoro pemateri seminar dan Rizky Wulandari modderator acara di Ruang Multimedia Stikosa-AWS, Jumat (16/12/2023). Foto: DMPR Stikosa-AWS

Menyambut Pesta Demokrasi 2024, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS) bersama Matanesia menggelar seminar foto bertajuk “Teknik Memotret Peristiwa” di ruang Multimedia Stikosa-AWS, Sabtu (16/12/2023).

Perlu diketahui, seminar tersebut merupakan serangkaian dari acara lomba foto jurnalistik berbasis smartphone dengan tajuk “Suara Orang Muda untuk Demokrasi Indonesia”.

Dihadiri oleh sebagian besar siswa SMA/SMK di Surabaya, Mamuk Ismuntoro pemateri utama dalam seminar ini mengatakan, permasalahan fotografi tidak hanya sebatas teknis, melainkan juga tentang bagaimana melihat berbagai obyek di sekitar kita dan menunggu momen yang tepat.

“Sabar adalah kunci pemotretan,” ujar Mamuk sekaligus juri salam lomba foto tersebut.

Mamuk juga menambahkan, seorang pewarta foto perlu banyak membaca dan mengumpulkan informasi tentang obyek yang akan dipotret untuk memilih obyek yang tepat dan memiliki nilai berita.

Sementara itu, dalam lomba fotografi yang diadakan, Rizky Wulandari, ketua panitia, mengungkapkan, pemilihan tema Lomba Foto Jurnalistik ini berdasarkan pada realitas bahwa suara generasi muda akan menjadi penentu utama dalam Pemilu 2024.

Partisipasi aktif dari kalangan muda dianggap sebagai pilar utama dalam membangun demokrasi yang dinamis dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

“Melalui Lomba Foto Jurnalistik, kami ingin mendorong praktik Jurnalisme yang independen dan berintergritas. Fotografi memiliki Kekuatan untuk menyampaikan cerita secara visual dan dapat menjadi alat yang efektif untuk memahamkan masyarakat mengenai pentingnya pesta demokrasi dan partisipasi masyarakat” jelas Kiky panggilan akrabnya.

Lebih lanjut, lomba tersebut terdapat dua kategori, yakni ditujukan untuk umum dan siswa SMA/SMK/MA sederajat. Peserta dapat mendaftarkan diri secara gratis melalui link https://linktr.ee/stikosaawsevent mulai tanggal 16 Desember 2023 hingga 31 Januari 2024.

Sementara pengumpulan foto dapat diunggah dengan link yang sama mulai 20 Januari hingga 20 Februari 2024. Pengumuman karya foto terbaik akan dilakukan pada tanggal 4 Maret 2024.

Para pemenang akan menerima hadiah jutaan rupiah, e-sertifikat, dan gratis biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) satu semester di Stikosa-AWS untuk kategori SMA sederajat.(feb/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs